Jumat, 29 Mei 2015

Day 12 Vatican - Roma (Euro Trip 2015)


Antrian yang menggila di Vatican.
Hari ini kita rada santai jalan-jalannya. Karena kemarena rasanya uda hampir seluruh kota Roma kita jelajahi. Sehabis sarapan, kita keluar dan menuju salah satu negara terkecil di dunia yaitu Vatican. Dari Termini kita naik metro dan turun di stasiun Ottaviano lalu jalan kaki sekitar 10 menit menuju Vatican City. Sepanjang jalan ini banyak kita jumpai toko-toko souvenir dengan harga yang cukup terjangkau. Sempatin mampir dan belanja oleh-oleh di sini.

Oya sepanjang jalan menuju Vatikan ini kita bakal ditawari paket tour oleh-oleh orang-orang. Karena pernah nonton acara tv Scam City tentang penipuan seperti ini di Vatikan, jadi ya kita abaikan saja. Sesampainya di pelataran Basilica S.Pietro kita langsung melihat antrian yang panjaannggg banget berbentuk lingkaran melingkari halaman gereja ini. Sempat bertanya-tanya ini antrian buat masuk gereja atau masuk museumnya ya? Setelah tanya sana sini, ternyata itu antrian buat masuk gereja. Kita yang tadinya niat mau masuk ke Basilica S.Pietro, setelah lihat antrian sebegitu panjang dan pergerakannya lambat, jadi males. Mungkin karena uda bosan dan capek ngantri mulu selama perjalanan ini he..he.. Saya ga tau apakah antrian ini berlaku setiap hari atau karena kita datang masih dalam minggu Paskah, entahlah.

Vatican City.
Basilica S.Pietro.
Kita & Obelix.
Karena ga mau habisin waktu buat berdiri dan antri berjam-jam, akhirnya kita nikmati aja suasana yang ada di pelataran Basilica S.Pietro sambil foto-foto dan makan chips he.he.. Kita juga memperhatikan bagaimana mafia di Vatikan bekerja untuk meraup keuntungan dari Turis. Jadi antrian yang panjang itu kenapa bergerak lambat, karena ada permainan antara penjaga pintu masuk dengan beberapa orang yang menyisipkan turis masuk ke pintu tersebut tanpa perlu antri, tapi turis diharuskan membayar cukup mahal. Ah makin males masuk jadinya melihat hal itu.

Pausnya mana ya??
Obelisque du Vatican.
Abis foto gini, yang motoin kita minta difotoin juga dengan gaya lompat gini..he..he..
Setelah puas menikmati suasana di Vatikan, kita lanjutin perjalanan ke Piazza del Popolo. Piazza ini identik dengan 2 bangunan kembarnya. Suasana di Piazza ini menyenangkan sekali apalagi ada seorang pengamen cowok bergitar yang lagi perform. Suaranya merdu dengan wajah good looking, bikin cewek-cewek disana pada betah duduk nontonin dia termasuk saya he..he.. Setelah perform beberapa lagu, pengamen ini lalu memberikan bunga ke salah satu penonton wanita nya, (bukan saya hiks..hiks..). Ah romantisnya, benar deh laki-laki Italia itu romantis ya Bang, si abang cuma senyam senyum aja istrinya bilang gitu he..he.. Tapi ketenangan kita akhirnya keganggu dengan adanya orang-orang keturunan India yang menawarkan bunga ke saya. Uda ditolak berulang kali, tetap aja bebal. Ya udah deh, karena uda puas nonton si pengamen ganteng di Piazza del Popolo kita lanjutin perjalanan ke Piazza di Spagna (Spanish Step).
Piazza del Popolo
Pengamen cakep bersuara merdu.
Si gedung kembar.
Nyampe Piazza di Spagna, kita langsung melihat spanish step yang terkenal itu, tapi sayang sekali tangga itu penuh sesak dengan orang-orang yang lagi duduk. Tapi disitu memang serunya, duduk-duduk ditangga sambil bercengkrama dengan orang-orang terkasih. Sama seperti di Piazza del Popolo sesekali datang laki-laki yang menawarkan bunga. Abaikan dan tolak saja hal ini karena ini adalah modus penipuan. Jangan sampai tertipu dengan trik pemberian bunga ini ya, jadi awalnya mereka akan bilang ini bunga untuk kita. Setelah kita pegang bunganya beberapa saat kemudian dia akan meminta sejumlah uang dan memeras kita. Mereka juga marah kalo bunganya dikembalikan, jadi berhati-hatilah dengan modus penipuan seperti ini di Roma. Dan paling nyebelin mereka sering beraksi saat kita lagi berfoto, dia langsung dekatin dan kasi bunga, nah banyak orang ya ga tau n salah paham main ambil aja tu bunga. Selesai foto langsung diperas dan dimintai uang oleh mereka, kita melihat hal ini didepan mata. Sedihnya lagi polisi yang ada didekat sana malah ga melihat dan asyik berfoto dengan turis weleh..weleh.. Kalau saya pas mereka dekatin waktu foto, malah langsung marah-marah dan bilang "hei move, I want to take a picture, i don't need your flowers" sambil liatin tampang jutek gitu. Jadinya ga diganggu lagi he..he..
Keramaian di Spanish Step.
Enjoy.
Lagi asyik foto tu tukang bunga sebelah kanan menghampiri..saya marahin aja he..he..
Ini polisi yang ada disana asyik foto ma turis, turisnya saya dan wanita2 lainnya he..he..
Ga kerasa uda sore, lalu kita naik bus ke Piazza della Repubblica. Piazza ini letaknya sangat dekat dengan stasiun Termini. Kita jalan-jalan sore di sini sambil nyari resto pizza, eh ga kerasa jalan santai malah uda nyampe stasiun Termini aja. Akhirnya kita putusin buat beli pizza dekat hotel aja dan makan di kamar. Pas lagi pesan pizza tiba-tiba ada suara gaduh di sudut stasiun, kita pikir ada apa. Kiranya ada suporter klub bola Lazio yang lagi nyanyi lagu kebangsaan Lazio FC. Ternyata pemain bola klub Lazio ini baru aja turun dari bus untuk naik kereta api di stasiun Termini. Sepertinya mereka baru selesai bertanding atau akan bertanding saya juga tidak tahu pasti. Tapi keseruan dan keriuhannya terlihat jelas. Bang Tomi semangat pengen banget kesana buat ikut-ikutan keriuhan itu. Saya bilang "ya uda, abang kesana aja adek nunggu disini". Tapi entah kenapa dia ga pergi malah nunggu pizza kita mateng dulu. Pizza nya uda mateng, Bang Tomi langsung bilang "kita kesana yuk dek ke tempat suporter bola". Ya uda kita kesana, eh sayang sekali pas uda nyampe pemain bolanya uda naik kereta semua dan suporter Lazio mulai membubarkan diri. Karena uda pada bubar, kita balik aja ke hotel buat makan Pizza dan istirahat he..he.. 
Smart City Car di Roma.

Suporter Lazionya uda pada bubar.
Next saya akan melanjutkan perjalanan dari Roma ke Madrid Spanyol, baca postingan berikutnya ya.

Semoga bermanfaat..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 6 UK Trip 2023 - Edinburgh.

  Dean Village. Tanpa kita sadar uda masuk hari ke-6 perjalanan kami pada UK Trip kali ini, dan masuk hari kedua di Edinburgh. Hari ini kita...