Rabu, 27 Mei 2015

Day 10 Pisa - Roma (Euro Trip 2015)

Menara Pisa
Kami bangun subuh dan bersiap check out hotel untuk segera ke stasiun Venezia Mestre. Pagi ini jam 7.37 kami akan naik kereta Frecciargento 9407 ke Firenze. Tujuan utama kami bukan kota Firenze, tapi kami ingin ke Pisa. Karena tidak ada kereta yang langsung dari Venezia ke Pisa jadinya kita mesti transit di Firenze lalu naik kereta regional ke Pisa. Kereta berangkat ontime dan kereta yang kami tumpangi ini lebih bagus dari kereta yang kami naiki sebelumnya. Tiket kereta yang kami beli secara online seharga 58 Euro untuk 2 orang. Berhubung belum sempat sarapan kita akhirnya sarapan di atas kereta, untung kemaren uda belanja cemilan di supermarket he..he..
Sarapan kami diatas kereta.

Cemilan sehat selama perjalanan.
Perjalanan dari Venezia ke Firenze kurang lebih 2 jam dengan kereta cepat ini. Sepanjang perjalanan kami kebanyakan tidur untuk menghemat energi, tapi agak keganggu dengan satu keluarga dibelakang kami yang ribut dari awal berangkat sampai ke Firenze. Mulai dari ibu, ayah, tante, om dan anak-anaknya pada ngomong dengan suara kencang, ga tua, ga muda, ga laki, ga perempuan semua ribut ngomong.. Hadeh..yup di belakang kami duduk keluarga Italia asli cerewet semua. Bang Tomi yang biasa pelor (nempel langsung molor) sampai ngomel-ngomel karena keganggu ma berisiknya mereka he..he..
Ngantuk ya masbro.
Kereta api yang nyaman dari Venezia ke Firenze.
Akhirnya kami sampai juga di stasiun S.M Novella Firenze. Di sana kami langsung antri untuk beli tiket kereta regional ke Pisa. Kereta regional dari Firenze ke Pisa ini ada tiap jam, jadi tiketnya open dan bisa beli langsung di stasiun. Kami rencananya hanya mampir sekian jam di kota Pisa, untuk melihat menara miring Pisa yang terkenal itu. Selanjutnya kami akan naik kereta lagi menuju kota Roma. Tiket kereta dari Pisa ke Roma sudah kami beli secara online sejak dari Indonesia. Perjalanan kali ini cukup hectic, jadi ayo semangat dan Bismillah.. Ga lama setelah kami membeli tiket kereta regional ke Pisa, kami langsung menaiki kereta itu. Kami ingat pesan teman kami Edo, kalau kereta regional itu suka penuh, kalau tidak dapat duduk ya berdiri selama 1 jam perjalanan. Jadi ya cepat-cepatan naiknya biar dapat tempat duduk. Untung kita segera naik, karena memang kereta itu penuh dan ada yang berdiri.

Sekitar jam 11 siang kami samapi di stasiun Pisa Centrale. Lalu langsung mencari tempat penitipan koper disana untuk menitipkan 2 koper kami. Biaya penitipannya 4 euro setiap kopernya. Setelah urusan koper beres, kita bergegas ke halte bus untuk menuju menara miring Pisa. Jarak dari stasiun ke menara pisa cukup jauh, jadi memang mesti pake bus. Males repot beli tiket bus, dengan wajah penuh keyakinan (gratis) kami naik bus ke menara pisa bersama dengan puluhan turis lainnya he..he.. Sampai di menara miring Pisa kita langsung melakukan photoshoot he..he..
Pisa.

Rame turis yang datang ke sini.

Sayang kita ga punya banyak waktu untuk masuk ke dalam.

Gaya standar turis-turis yang foto di sini he..he..

Cupid.
Setelah puas foto-foto dan mutar-mutar area Menara Pisa. Kita lanjut hunting souvenir yang dijual disana. Ga kerasa uda jam 1 siang dan perut uda mulai keroncongan. Karena didekat sana adanya McD ya terpaksa kita makan di McD buat lunch. Selesai makan jam 2 siang, kita balik lagi ke halte untuk nunggu bus buat kembali ke stasiun Pisa Centrale. Uda 30 menit kita menunggu tidak ada satu pun bus yang lewat. Panik mulai melanda, karena kereta api ke Roma berangkat jam 14.54 dari stasiun Pisa. Sedangkan jam 14.30 kami masih stak nunggu bus di daerah menara Pisa.

Tanya kiri kanan, ternyata di halte ada pengumumannya kalau setiap hari Minggu bus tidak beroperasi normal, ada jam-jam nya. Bus baru lewat jam 15.00 nanti karena ini hari Minggu. Akhirnya kami berlari ke arah stasiun, dengan harapan bisa sampai tepat waktu dan tidak ketinggalan kereta ke Roma. Tapi sebenarnya hal itu tidak mungkin karena jaraknya yg cukup jauh. Sambil berlari itulah saya ada ide buat memberhentikan mobil yang lewat untuk minta tumpangan sampai ke stasiun Pisa Centrale.

Saya berdiri agak ke tengah jalan sambil berusaha memberi kode ke mobil yang lewat. Mobil pertama gagal, mobil kedua berhenti dan membuka kaca. Lalu dengan memohon saya meminta tumpangan ke pria yang membawa mobil itu. Sejenak dia melihat ke arah istrinya, lalu istrinya mengangguk tanda oke. Wah Alhamdulillah kita bisa numpang mobilnya. Di dalam mobil kami menjelaskan kalo uda setengah jam menunggu bus tapi tak kunjung lewat, makanya kami panik dan minta tolong karena kereta berangkat jam 14.54. Tapi sayang sekali suami istri ini tidak bisa berbahasa Inggris, tapi mengerti apa yang kami katakan. Mereka lalu bilang kalo mereka dari Albania, lalu saya spontan bertanya Are U Muslim? Yes, mereka muslim. Subhanallah, siapa yang mengira di negeri antah berantah ini kami ditolong oleh sesama Muslim, benar-benar pertolongan Tuhan.

Kami diantar sampai ke depan stasiun. Kami berulang kali berterima kasih kepada suami istri ini. Alhamdulillah jam 14.45 kami sudah berada di stasiun Pisa Centrale. Langsung kami ambil koper di penitipan dan menunggu kereta Intercity 511 yang akan membawa kami ke Roma. Karena kereta belum datang saya malah asyik melakukan hal-hal lain he..he..
Lagi nunggu kereta datang, saya asyik gunting kuku, candid by husband.
Sekitar jam 14.50 kereta Intercity 511 datang. Kami bergegas masuk, karena kereta ini tidak berhenti lama di stasiun ini. Nah model kereta ini lain dari kereta-kereta sebelumnya. Kereta Intercity 511 di dalam gerbongnya terdapat kotak-kotak seperti kereta ke Hogwarts dalam film Harry Potter. Setiap kotak berisi 6 kursi saling berhadapan. Nah karena kita ga ngerti layout keretanya seperti ini, jadinya saat beli online kita memilih tempat duduk di kotak yang berbeda he..he.. Tapi syukur banget keretanya kosong, jadi kita bisa menguasai 1 kota berdua saja. Tadinya ada 1 orang laki-laki yang mestinya duduk di kotak yang sama dengan kita. Tapi dia urung masuk dan memilih pindah ke kotak yang lain he..he.. Jadinya kita berdua bisa tidur lempeng selama perjalanan ini.
Model dalam gerbong kereta Intercity 511.

Bisa tidur lempeng, karena cuma kita berdua dalam box ini.
Kereta Intercity 511 ini bukan kereta cepat, perjalanan dari Pisa ke Roma memakan waktu 3 jam dengan kereta ini. Tiket yang kami dapat saat itu seharga 38 Euro untuk 2 orang. Pemandangan selama perjalanan bagus lho. Karena ternyata kita lewat di pinggir pantai. Jadi view di jendelanya laut, keren.. Sayang Bang Tomi malah asyik tidur, mungkin karena kecapaian he..he..

Jam 18.00 kami tiba di stasiun Termini Roma. Dari termini kami jalan kaki menuju hotel Fiorenza yang letaknya cuma 5 menit dari stasiun. Setelah Check In, kita keluar lagi buat nyari makanan dan melihat-lihat area sekitar termini. Akhirnya kami belanja beras dan cemilan di supermarket. Karena rendang masih ada, malam itu kita makan nasi panas pake rendang..maknyus.. Tapi pas mau tidur, kami kedinginan, cek heater ternyata ga nyala. Ya uda kita komplain ke resepsionisnya. Ternyata setelah komplain baru dinyalain, tapi tetap aja ga membantu karena heater di kamar kami kecil sekali sedangkan langit-langit kamarnya tinggi. Kami akhirnya minta ganti kamar, cuma resepsionisnya ga bisa pindahin kami ke kamar lain karena kamarnya penuh. Tapi dia janji besok pagi kami bisa pindah ke kamar lain yang heaternya lebih besar. Ya udah malam itu kita tidurnya pelukan biar saling menghangatkan. Next saya akan cerita tentang pertualangan kami di kota Roma, lihat postingan berikutnya ya.