Kamis, 28 Mei 2015

Day 11 Roma (Euro Trip 2015)

Pagi ini kami bersiap untuk pindah kamar hotel. Untungnya sudah banyak yang check out jadi kita bisa pindah kamar sebelum berangkat keliling kota Roma. Sesuai permintaan, kami diberikan kamar yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan yang terpenting ada heater yang cukup besar untuk menghangatkan kamr tersebut. Maklum tubuh kami yang terbiasa di suhu diatas 30 derajat celcius, bisa beku kalo dibiarkan tidur disuhu dibawah 10 derajat he..he.. Urusan pindah kamar beres, selanjutnya kami langsung ke stasiun Termini.

Setibanya di stasiun kita rada bingung mesti beli tiket metro yang mana buat keliling kota Roma. Karena ada banyak sekali pilihan, mulai yang harian sampai yang 2 harian juga ada. Karena kita pengen melihat banyak hal di Roma dan punya waktu selama 2 hari full, akhirnya kita putusin beli tiket yang 2 harian untuk 2 orang harganya 25 euro. Tiket ini bisa digunakan pada moda transportasi apa pun selama di Roma. Alasan beli tiket ini juga biar ga ribet pindah-pindah lokasi selama di Roma. Tapi keputusan yang kita ambil ini salah total. Karena ternyata objek-objek wisata di Roma itu saling berdekatan dan bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik bus "dengan wajah penuh keyakinan" (gratis) he..he.. Lagian kita juga melihat orang-orang yang naik metro dengan hanya membeli 1 tiket harian atau 2 harian, tapi tiketnya di tap berulang kali jadi 1 tiket untuk 3-4 orang. Karena tidak ada petugas atau pun pengecekan jadi melakukan hal itu santai saja. Wah tau gitu mending beli tiketnya 1 aja kan, ga usah 2..rugi boo..he..he..

Karena uda punya tiket transportasi buat 2 hari full, ya kita manfaatin sebesar-besarnya. Jadi hari pertama di Roma kita hampir mengelilingi semua objek wisatanya he..he.. Pertama yang kita datangi adalah Colosseum, yang terkenal sebagai tempat bertarungnya para gladiator ini. Karena antrian yang panjang kita urung masuk kedalamnya, mungkin uda jenuh juga antri mulu selama di Eropa he..he.. Akhirnya kita explore daerah sekitarnya sambil berfoto-foto ria.
Perfect bright.
Alhamdulillah cuacanya hangat.

Arco di Costantino.

Ga jadi masuk, karena males ngantri.

Liat antrian panjang dibelakang kami he..he..
Dari Colosseum kita jalan kaki ke Roman Forum dan Capitol. Suasana disepanjang jalan ini sungguh menyenangkan. Jalannya besar dan hanya khusus untuk pejalan kaki jadi lega banget. Di kiri kanan terdapat bangunan bersejarah peninggalan Roma. Belum lagi banyak street performance dan para pelukis jalanan yang memperlihatkan cara melukis mereka yang unik. Benar-benar seru dan menyenangkan. Satu hal lagi yang sangat saya syukuri adalah saat di Roma cuaca cerah dan mendukung. Kita juga sempat masuk ke Capitol untuk melihat isi gedung putih nan megah itu.
Pelukis jalanan yang keren banget cara melukisnya.

Reruntuhan Roman Forum.
Goyang Caesar di patung Julius Caesar..asyik..asyik..joss..

Jalanan luas khusus pejalan kaki.

Nyari apaan om??
Capitol.
Puas di Capitol, kita naik bus ke Fontana di Trevi. Siapa yang tidak tau air mancur yang terkenal ini. Fontana di Trevi terkenal karena kita bisa "make a wish" sambil melemparkan koin ke arah kolam air mancur ini. Cara "make a wish" nya kita berdiri membelakangi kolam, lalu koin dilempar dengan tangan kanan tapi melewati bahu sebelah kiri. Konon katanya kalo kita lakukan hal itu, suatu hari nanti kita bakal balik lagi ke Roma he..he.. Percaya ga percaya tapi saya tetap menyiapkan koin 500 perak buat kami lempar. Sayang juga kan kalo koin euro yang dilempar he..he.. Nyampe Fontana di Trevi ternyata kolam air mancurnya lagi direnovasi hiks.hiks.. Tapi kita tetap bisa lakukan ritual "make a wish"nya karena pemerintah setempat sudah menyediakan fasilitas jembatan diatas kolam. Tapi seperti biasa siap-siap ngantri ya. Saya karena uda nyiapin koin ya ikutan ngantri bareng suami he..he.. Dan sukses melakukan ritual "make a wish" nya. Bang Tomi malah ga mau, dia cukup jadi fotografer dan mengabadikan moment saja he..he..
Fontana di Trevi yang lagi direnovasi.

Bismillahirahmanirrahim..semoga bisa kembali lagi ke Roma..Amin.
Selesai make a wish di Fontana di Trevi kita melihat ada papan petunjuk ke arah Piazza Navona. Ya udah kita lanjutin perjalanan ke Piazza Navona berjalan kaki seperti turis-turis lainnya. Ternyata untuk sebelum mencapai Piazza Navona kita bakal melewati Pantheon. Wah sekali mendayung 2 pulau terlewati nih he..he.. Sepanjang perjalanan ini kita melewati lorong-lorong khas kota Roma, disitu banyak sekali coffee shop dan cafe gelato. Karena sebelumnya ga jadi beli gelato di Venice, jadinya saya bertekad hari ini mesti beli gelato he..he.. Dan tetap pilihannya jatuh ke rasa coklat. Yummy..benar-benar nikmat deh gelato asli dari Italia ini. Apalagi saya membelinya di cafe gelato yang katanya sudah ada sejak tahun 1896.
Pantheon.
Piazza Navona.

Yummy gelato.
Setelah puas menikmati Piazza Navona, saya mengajak Bang Tomi ke spanish step. Tapi kita bingung mesti naik bus nomor berapa ke sana. Akhirnya kita naik bus sembarangan, lalu turun sembarangan karena melihat toko pizza halal he..he.. Beli pizza dulu, kita pilih pizza dengan toping tuna. Nikmat deh, apalagi halal jadi ga was-was makannya. Abis makan, kita jalan aja ngikuti kaki melangkah, lalu melihat bangunan besar di seberang sungai, pas cek di peta ternyata itu bangunan Castel Sant' Angelo. Wah ga nyangka malah ketemu objek wisata lain he..he.. Ya uda kita nyebrang di Ponte Sant' Angelo. Dari Castel Sant' Angelo kita jalan terus ke arah kiri lalu ketemu gedung Pallazo di Giustizia. Di sana juga ada taman dengan pohon-pohon tinggi dan besar, bagus banget menikmati sore sambil bercengkarama dengan yang tersayang.
Ga sengaja ketemu Castel Sant' Angelo.

Ponte Sant' Angelo, rasanya pernah liat foto patung angel ini disalah satu album dewa19.
Castel Sant' Angelo.
Suka sekali suasana sore di taman ini.

Pallazo di Giustizia
Puas menikmati suasana itu, akhirnya kami putusin untuk balik ke hotel dan beristirahat. Next saya bakal mengunjungi Vatican city dan mencari spanish step yang belum saya datangi hari ini.