Minggu, 21 Juni 2015

Ulasan Hotel-Hotel di Balikpapan

Sudah beberapa kali saya berkesempatan mengujungi kota di Kalimantan Timur ini. Setiap ke Balikpapan selalu mencoba menginap di hotel-hotel yang berbeda, mulai dari hotel Bahtera, Le Grandeur, Blue Sky, Novotel dan yang kemarin baru saya coba hotel Aston Balikpapan. Berikut ini saya akan mengulas kesan serta tips menginap di hotel-hotel tersebut.

Pertama saya akan mengulas hotel Bahtera Balikpapan. Untuk lokasi hotel ini sangat strategis, karena berada persis di depan Plaza Balikpapan (BC) yang merupakan pusat kota Balikpapan. Terdiri atas 2 bangunan lama dan baru yang berdekatan. Bangunan lamanya bernama Hotel Menara Bahtera sedangkan untuk bangunan barunya bernama Hotel Bahtera. Saya saat itu menginap di bangunan baru Hotel Bahtera. Untuk bangunannya sendiri menurut saya butuh beberapa perbaikan, karena langit-langit di lorong hotel banyak yang sudah rusak dan terkesan tua. Namun lobby hotel ini cukup mewah dan ditata dengan baik. Fasilitas wifi baik. Sedangkan untuk kamar cukup terawat. Sarapan yang disediakan juga cukup beragam dan enak. Kolam renang berada di tengah-tengah bangunan hotel dan bersih. Tips memilih view kamar terbaik menurut saya adalah yang mengarah ke kolam renang.
Lorong hotel Bahtera yang terkesan usang.

Harley di depan lobby Hotel Bahtera tahun 2011.

Kolam renang hotel Bahtera.

Lobby hotel yang cukup mewah.

Lobby hotel Bahtera Balikpapan.
Kedua saya akan mengulas hotel Le Grandeur. Posisi hotel ini pun menurut saya cukup baik karena berada dekat dengan terminal damai, yaitu terminal angkot terbesar di Balikpapan. Jadi untuk masalah transportasi menggunakan angkutan umum aksesnya lebih mudah. Lobbynya biasa saja. Satu hal yang istimewa, hotel ini memiliki pantai sendiri jadinya kita bisa leyeh-leyeh dipantai kalo mau refreshing. Tapi pantainya menurut saya tidak begitu bagus tapi cukup bersih dan ada lapangan voli pantai. View kamar terbaik adalah yang menghadap ke laut. Kolam renang berbentuk oval dan bersih. Senangnya di hotel ini tidak ada batasan jam untuk berenang, jadi berenang sampai malam pun diperbolehkan. Ruang fitnes pun tersedia didekat kolam renang, tapi sering rame kalo sore hari (jam pulang kantor). Untuk sarapan cukup enak dan beragam tapi ruangannya tidak terlalu besar. Untuk wifinya juga cukup baik.
Pantai di hotel Le Grandeur

Sore di pantai Le Grandeur.

Suasana pantai sore hari di hotel Le Grandeur.

Kolam renang di Le Grandeur.

Menu sarapan, rotinya enak-enak.
Berikutnya saya akan mengulas hotel Blue Sky. Hotel Blue Sky ini berada agak jauh dari tengah kota. Untuk posisi agak kurang strategis. Tapi mereka menyediakan fasilitas antar jemput gratis ke airport dengan pemesanan sebelumnya. Satu hal lagi, hotel ini juga menyediakan spa gratis, tapi sayang saya tidak mencobanya. Kamar-kamar di Blue Sky cukup terawat dan memiliki balkon. Tips saya pilih kamar dilantai atas dengan view kolam renang. Karena setiap Sabtu malam ada live band di tepi kolam renang, jadi sebaiknya pilih lantai atas jadi suara bandnya tidak mengganggu. Ruangan sarapan besar dan menunya pun enak & beragam. Pada malam hari juga ada restoran jepang yang terkenal di hotel ini. Di sekitar hotel ini ada beberapa restoran dan tempat makan seafood yang enak. Kolam renangnya sangat bersih dengan kedalaman yang cukup memadai untuk berenang, menurut saya hotel inilah yang paling bersih kolam renangnya untuk di Balikpapan. Oya hotel ini sangat dekat dengan pasar kebun sayur, yaitu pasar pusat oleh-oleh kota Balikpapan. Wifinya kurang begitu bagus didalam kamar, tapi untuk di lobby dan restoran baik.

Berikutnya Hotel Novotel Balikpapan. Letak hotel ini tidak jauh dari Balikpapan Plaza (BC), jadi posisinya cukup strategis di tengah kota. Kamar-kamarnya didesain mewah dengan kamar mandi yang memiliki batas kaca di setiap kamarnya. Sehingga jika tirainya dibuka kita bisa melihat orang yang mandi dari dalam kamar, cocok untuk pasangan honeymoon he..he.. Sarapannya enak, menu beragam dan restoran yang luas. Suasana lobby juga menyenangkan dan luas. Kolam renang berada di rooftop lantai 2 dengan view kota Balikpapan dan laut, keren. Tapi kedalaman kolam renang tidak begitu nyaman untuk berenang karena kurang dalam. Dan kolam renang hotel ini cukup ramai di sore hari. Pilihan kamar terbaik adalah yang menghadap ke kolam renang dan laut serta berada di lantai atas. Fasilitas wifinya sangat baik, baik di kamar maupun diarea lain.
Welcome drink Novotel Balikpapan.
Kamar Novotel Balikpapan

Kamar mandi yang dibatasi kaca terlihat dari dalam kamar.

Kolam renang hotel Novotel Balikpapan.

Kamar mandi

Menu sarapan di Novotel.
Terakhir saya akan mengulas hotel Aston Balikpapan. Hotel ini memiliki penilaian cukup baik di agoda dan tripadvisor. Penasaran ingin mencobanya, kemaren saya berkesempatan menginap di hotel ini bersama suami. Hotel ini terdiri atas 2 bangunan yang terdiri dari bangunan apartemen dan hotel. Tipe kamar di hotel ini pun ada yang menyerupai apartemen dengan pilihan 2 kamar tidur atau 3 kamar tidur. Kami menginap hampir 1 minggu disana. Lobbynya cukup simple dan tidak terlalu luas. Hotel ini juga terletak di pinggir laut dan posisinya juga cukup startegis di tengah kota. Saat check in mintalah kamar dengan view laut, kalau beruntung kita bisa minta upgrade kamar dari kamar superior biasa ke kamar tipe apartemen tanpa dikenakan biaya apapun. Ini terjadi pada kami, yang diberikan kamar tipe apartemen executive suite dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tengah, serta dapur yang dilengkapi kulkas besar, kompor dan dispenser. Senangnya lagi kamar ini memiliki balkon yang menghadap ke kolam renang dan laut, keren. Selain itu, hotel ini menyediakan fasilitas antar jemput ke mall (Plaza Balikpapan & Balikpapan Super Block) gratis setiap jam 10 pagi dan jam 6 sore. Kita sempat memakai fasilitas ini dan supir yang mengantar kita Mas Bowo sangat baik, dia juga menawarkan kita ingin dijemput jam berapa dari mall, senangnya..makasih Mas Bowo.
Ruang tv di executive suite Aston Balikpapan.

Master Bedroom.

Dapur

Kamar kecil.

Kolam renang Aston.

View kolam renang dan laut dari balkon kami.
Keistimewaan hotel Aston terletak pada kolam renangnya, yang berada di lantai 2 dan merupakan infinite pool yang menghadap langsung ke laut. Kolamnya cukup bersih walau kedalamannya kurang memadai karena hanya 1,2m. Tapi view dari kolam renang ini benar-benar spektakuler. Walau berada dipinggir laut, tapi hotel Aston ini tidak memiliki pantai. Area pantainya dibangun lebih tinggi dan disemen untuk area pesta pernikahan atau acara lainnya. Sisi lainnya dibangun area playground untuk anak-anak. Restorannya cukup bagus karena memiliki area yang menghadap ke laut dan area outdoor yang ditata sangat baik. Dari segi makanan cukup enak, tapi sayang jika kita turun sarapan dijam 9 pagi keatas makanan sudah banyak yang habis dan tidak ditambah kembali. Room service juga kurang begitu baik dibanding dengan hotel yang lain karena sering handuk dan fasilitas yang lainnya (sabun dll) tidak diberikan langsung saat kamar dibersihkan. Tapi diberikan jika diminta, aneh sekali. Wifi juga kurang baik didalam kamar, tapi untuk diruang tv room kami cukup baik.
Infinite pool Aston.

View terbaik hotel Aston.

Restoran

Playground

Lobby hotel.

Bagian pantai yang digunakan untuk acara.
Demikian ulasan saya tentang hotel-hotel yang pernah saya inapi selama berkunjung ke kota minyak Balikpapan. Berikutnya saya akan bercerita apa saja yang bisa dikunjungi selama di Balikpapan. Jalan-jalan keliling Indonesia juga ga kalah menarik lho..