Selasa, 09 Juni 2015

Day 17 La Ramblas - Barcelona (Euro Trip 2015)

Ada yang semangat banget bangun pagi buat ikutan maraton pagi ini. Yap suami saya, pagi-pagi uda grasak grusuk. Ingatkan 2 hari yang lalu kita daftar untuk ikutan acara maraton di Placa de Catalunya. Acaranya memang pagi ini. Sedangkan malam sebelumnya kita belum packing n beres-beres buat check out hari ini. Jadinya saya malas-malasan bangun pagi he..he.. Karena merasa ga keburu juga kalo ikutan. Barang yang mesti dipacking uda beranak pinak jadi pasti makan waktu. Sedangkan nanti sore kami akan bertolak ke Paris untuk naik pesawat balik ke Singapore keesokan harinya. Huaa pagi yang melelahkan. Selesai packing dan beres-beres, kita sarapan dan titip koper ke resepsionis. Lalu lanjut jalan kaki ke Placa de Catalunya yang cuma 10 menit dari hostel.

Karena ga mau buru-buru jadinya kita kesiangan nyampe di Placa de Catalunya. Sekitar jam 10an kita sampai ternyata orang-orang yang ikutan maraton uda masuk garis finish he..he.. Jadinya kita nontonin acara penutupannya aja. Wah yang ikutan banyak dan pada niat lho, mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek, turis maupun masyarakat lokal semuanya semangat ikutan. Seru bisa menikmati keceriaan suasana minggu pagi di Barcelona pas lagi ada event lari bersama lagi. Tapi Bang tomi tampak kecewa karena ga bisa ikutan hiks..hiks.. Eh jangan sedih kupon minuman yang kita dapetin waktu pendaftaran, tetap kita tukarkan lho, sehingga kita bisa ikutan minum coke dijalanan bareng pelari-pelari itu huaha..ha..
Peserta lari maraton uda sampai garis finish saat kami datang.

Rame dan meriah acaranya, peserta juga niat lari semua.

Ini peserta yang kecewa berat ga jadi ikutan lari maraton huaha..ha..

Walau ga ikutan lari, tapi antri buat ambil minuman tetap ikutan karena uda punya kuponnya he..he..
Puas menonton acara maratonnya, kita lanjutin jalan-jalan santai kita ke La Ramblas. Sempat foto-foto dulu di Barri Gotic Catedral. Terus jalan sampai ke daerah Port (pinggir pantai) Barcelona. Di sini suasana minggu pagi juga enak banget karena ada banyak stand penjual kerajinan tangan dan orang-orang yang berjalan-jalan, ada juga anak-anak muda yang berolahraga atau bersepeda dll. Dari La Ramblas kita bisa jalan kaki saja menuju daerah pinggir pantai ini, keuntungan jalan kaki kita bisa menemui toko-toko souvenir sepanjang perjalanan ini dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada di La Ramblas.
Barri Gotic Catedral

Otw to Port Barcelona.

Gedung di daerah Port.

Seru ya bisa main segway.

Port Barcelona

Maaf suami saya uda bosan foto-foto jadi fotonya kebanyakan saya he..he..

Jalanan di Barcelona hari Minggu sepi banget, jadinya gila2an foto di tengah jalan raya.
Puas berkeliling daerah port, kami balik lagi ke La Ramblas, ternyata pas balik lagi ada acara di depan Barri Gotic Catedral. Wah acaranya diiringi orkestra keren yang dimainkan sekelompok pria berjas rapi. Ternyata siang itu setelah misa pagi di gereja, diadakan acara amal di depan pelataran Barri Gotic Catedral. Serunya ketika para pemain orkestra mulai bermain musik, tiba-tiba ibu-ibu dan bapak-bapak didepan halaman Barri Gotic Catedral langsung membentuk lingkaran-lingkaran dan menari dengan gerakan yang seirama. Wah sepertinya ini tarian tradisional mereka, jujur kita yang berada disana pasti bisa ikutan terbawa suasana, semuanya serasa menyenangkan. Ternyata keriaan hari itu tidak sampai disini aja. Ketika kami tiba lagi di La Ramblas, ternyata ada acara seru juga disana yaitu acara tradisional khas Spanyol pertandingan menara manusia. Jadi ada 2 tim yang bertanding untuk membangun menara manusia khas Spanyol ini. Ngeri-ngeri sedap melihatnya, takut mereka jatuh. Tapi kedua tim sukses membangun menara setinggi beberapa meter, saya ga tau siapa pemenangnya.
Orkestra di depan Gereja Barri Gotic La Ramblas.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak pada menari seirama.
Serunya menari didepan Barri Gotic Cathedral.

Enjoy

Pertandingan menara manusia di La Ramblas.

Mulai tinggi menaranya.
Serem liatnya karena cuma 3 orang sampai atas, kayaknya ga stabil ni menaranya.

Sukses sampai atas anak kecil yang paling atas menara beranjak turun.
Kita lalu beli makanan buat makan siang di hotel, sekalian mau ambil koper yang dititipkan sebelumnya. Selesai makan dan istirahat sebentar kita check jam uda jam 3 siang. Kita putuskan untuk berangkat ke terminal bus Barcelona Nord. Ternyata terminal bus ini bisa ditempuh berjalan kaki selama 15 menit dari hostel kita, baru tau pas nanya ke resepsionis he..he.. Yup kita putusin buat jalan kaki aja, pas diperjalanan malah ketemu Arc de Triomf Barcelona. Sempatin foto-foto dulu deh. Ternyata memang dekat lho terminal bus Barcelona Nord ini dari hostel kami, ngapain pas datang kita naik metro ya he..he..
Ga sengaja ketemu Arc de Triomf.

Arc de Triomf
Sesampainya di terminal Barcelona Nord, kita masih ada waktu 30 menit sebelum naik bus. Perjalanan kali ini lumayan lama kami naik bus megabus dari Barcelona sore hari dan sampai di Paris keesokan paginya. Saat busnya datang kita langsung naik dan duduk dikursi nomor 2, pengennya duduk paling depan biar enak liat jalanan, tapi kalah cepat ma yang lain he..he.. Bus megabus yang kita naiki sekarang modelnya sama dengan bus megabus yang kita naiki dari Paris ke Amsterdam lalu. Harga tiket bus yang kami dapat dengan pembelian online sejak dari Indonesia sebesar 40 Poundsterling untuk 2 orang.
Barcelona Nord

Suasana didalam bus Megabus dari Barcelona ke Paris.

Gedung modern yang tercapture saat berada didalam bus.
Sore jam 16.30 bus berangkat menuju Paris. Sepanjang perjalanan kita bakal menikmati pemandangan bermacam-macam. Beberapa kali bus berhenti di rest area untuk beristirahat. Kami menikmati perjalanan ini dan tidak menyangka Euro Trip ini akan segera berakhir dan Alhamdulillah semua kota dan negara yang kita planningkan bisa dikunjungi semua. Rasanya seperti percaya tak percaya. Rasa kangen Indonesia memuncak, tapi rasa sedih karena perjalanan ini segera berakhir pun ada, semuanya campur aduk. Next saya akan cerita perjalanan balik saya dari Paris-KL-Singapura-Batam yang melelahkan...perjalanan belum berakhir he..he..