Selasa, 23 Juni 2015

Jalan-Jalan (Tempat Wisata) di Balikpapan

Beberapa kali menemani suami bertugas di Balikpapan, membuat saya sedikit banyak tau tentang kota penghasil minyak bumi ini. Mulai dari pusat perbelanjaan, tempat makan, penangkaran buaya, sampai pasar pusat oleh-olehnya. Bagi teman-teman yang ingin ke Balikpapan berikut informasi tempat-tempat yang bisa dikunjungi di kota Balikpapan.

Ada beberapa pusat perbelanjaan yang berada di Balikpapan. Tapi yang paling sering saya kunjungi ada 4, karena berada di tengah kota yaitu Balikpapan Plaza (BC), Balikpapan Trade Center (BTC), Balcony, dan Balikpapan Super Block (BSB). Balikpapan Plaza, BTC dan Balcony cukup dekat jaraknya sehingga bisa ditempuh berjalan kaki satu dengan lainnya. Tapi sayang Balcony kurang menarik karena tokonya banyak yg kosong/tutup. Hanya bioskop XXI yang ramai dikunjungi pengunjung. Sedangkan Balikpapan Plaza termasuk plaza yang cukup populer karena isinya lebih banyak, mulai dari tempat makan, pertokoan dan juga tersedia bioskop Blitz di sana. Di belakang Balikpapan Plaza terdapat bangunan Balikpapan Trade Center (BTC) yang merupakan pusat penjualan baju & tekstil layoutnya seperti ITC Ambasador kalo di Jakarta. Balikpapan Super Block (BSB) berada agak jauh dari Balikpapan Plaza, dari terminal damai kita bisa naik angkot no.7 warna hijau ke BSB. BSB ini merupakan mall terbaru dan terbesar di Balikpapan, isinya juga lebih banyak dibanding plaza atau pusat perbelanjaan lainnya.
Sky bridge di Plaza Balikpapan.

Plaza Balikpapan

Balcony

Balikpapan Super Block (BSB)

Bagian dalam BSB.
Ke Balikpapan kurang afdol kalau tidak mencoba kuliner khas kepitingnya. Ada banyak tempat makan yang menawarkan masakan kepiting khas Balikpapan ini. Saya sudah mencoba 3 tempat makan seafood (kepiting) khas Balikpapan yaitu Kepiting Kenari, Resto Ocean, dan Kepiting Dandito. Restoran kepiting Kenari yang paling terkenal dan enak menurut saya adalah kepiting saus lada hitamnya. Kalau restoran Ocean lebih menonjolkan view dan suasana restoran yang romantis di pinggir pantai. Untuk makanannya sendiri tidak ada yang berkesan untuk saya di resto Ocean ini. Tapi restoran Ocean ini berada di pusat kota dan bisa ditempuh berjalan kaki dari Balikpapan Plaza. Kepiting Dandito adalah restoran favorit saya kalau berada di Balikpapan. Selain rasa kepiting saus danditonya yang mantap, restoran ini juga menyajikan menu kepiting soka goreng tepung yang membuat saya ketagihan he..he.. Semenjak saya makan di Dandito, saya tidak pernah mencoba restoran seafood lain di Balikpapan, karena menurut saya Dandito yang paling enak. Letak restoran ini tidak jauh dari Bandara Sepingan Balikpapan dan juga tidak jauh dari restoran Kepiting Kenari. Jika teman-teman datang ke Balikpapan, saya merekomendasikan makan di restoran Dandito ini, pilih kepiting saus dandito dan kepiting soka goreng tepung saus dandito dijamin puas.
Kepiting lada hitam kenari.
Restoran Dandito
Kepiting soka goreng tepung Dandito.

Logo kepiting Kenari.
Restoran pinggir laut Ocean.


Kepiting Dandito mantap.
Untuk yang suka tempat wisata yang menantang bisa datang ke penangkaran buaya yang ada di ujung kota Balikpapan tepatnya didaerah Manggar. Disini kita bisa melihat bermacam ragam jenis buaya yang memang sengaja diternakkan di penangkaran buaya ini. Kalau beruntung kita bisa melihat proses pemberian makan buaya disini. Oya disini juga ada gajah yang bisa diajak foto bersama. Kita juga bisa berfoto sambil memeluk anak buaya. Ada juga tempat makan sate buaya dll. Pokoknya semua tentang buaya ada disini, seru sekaligus memacu adrenalin melihat buaya yang begitu banyak dan besar-besar berkumpul disini.

Gajah di penangkaran buaya.

Buaya kecil

Buaya ukuran sedang

Buaya ukuran jumbo, menyeramkan.

Foto dengan anak buaya.

Satu tempat lagi yang mesti dikunjungi kalo di Balikpapan yaitu pasar kebun sayur. Pasar ini adalah pusat oleh-oleh yang ada di kota Balikpapan. Kita bisa menggunakan angkot no.6 warna biru atau angkot no.5 warna kuning dari terminal damai. Saya lebih merekomendasikan angkot no.6 warna biru karena pemandangan selama perjalanan dengan angkot ini lebih keren, sebab kita melewati pinggir laut kota Balikpapan dan juga bisa melihat tangki-tangki pengolahan minyak bumi milik Pertamina. Kita juga melewati pelabuhan dan hutan lindung dalam kota yang kadang dipinggir jalannya ada monyet-monyet lalu lalang he..he..
Pengolahan minyak

Jalan di pinggir laut.

Laut dari jalanan Balikpapan.

Dulu sebelum batu akik booming, pasar kebun sayur ini menjual segala pernak pernik yang berasal dari Kalimantan. Terutama asesoris wanita mulai dari kalung, gelang, cincin, bros dan lainnya yang terbuat dari bebatuan alam khas Kalimantan (Martapura) dengan harga yang terjangkau. Ada juga penjual cemilan kuku macan yang merupakan oleh-oleh makanan khas Balikpapan dan penjual sarung khas Kalimantan. Namun kini seiring dengan boomingnya batu akik, banyak pedagang di kebun sayur yang beralih menjual batu akik dan semua perangkatnya. Mulai dari bongkahan batu akik, batu akik yang sudah diasah, cincin/perhiasan pengikat batu akik dan perhiasan yang sudah dihiasi batu akik kini banyak kita jumpai di pasar kebun sayur ini. Harga-harganya pun bisa dikatakan cukup murah apalagi jika kita membeli dalam jumlah banyak. Berbelanja di kebun sayur ini kita mesti pintar-pintar nawar, jangan ragu menawar harga barang disini sampai setengahnya he..he.. Kalau yang berminat bisnis juga bisa beli barang dagangannya disini.
Bongkahan batu akik.

Dipilih-pilih

Suasana kebun sayur.

Batu akik


Asesoris kebun sayur
Aneka cemilan khas Balikpapan di Pasar Kebun Sayur.
Mungkin baru itu saja yang bisa saya ceritakan tentang kota Balikpapan. Sesungguhnya masih banyak hal yang bisa diexplore di kota minyak ini. Terutama wisata pantainya. Sayang beberapa kali saya ke Balikpapan pas musim hujan, jadinya saya belum punya kesempatan mengunjungi pantai-pantai disana. Salah satunya pantai Kemala yang berada di tengah kota Balikpapan. Hanya bisa melihat dari balik jendela angkot yang saya tumpangi ke arah kebun sayur. InsyAllah jika ada kesempatan ke Balikpapan lagi saya akan sempatkan berkunjung ke pantainya. Semoga infonya bisa bermanfaat buat teman-teman yang berkunjung ke Balikapapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 6 UK Trip 2023 - Edinburgh.

  Dean Village. Tanpa kita sadar uda masuk hari ke-6 perjalanan kami pada UK Trip kali ini, dan masuk hari kedua di Edinburgh. Hari ini kita...