Rabu, 03 Juni 2015

Day 16 La Pedrera - Barcelona (Euro Trip 2015)

Pagi ini kita bersiap untuk mengunjungi salah satu bangunan terkenal yang dibangun oleh Gaudi. Bangunan itu adalah La Pedrera atau Casa Mila, sebuah bangunan apartemen mewah yang dibangun diawal abad ke-19, dengan rancangan yang sangat unik khas Antoni Gaudi. Untuk menghindari antrian, kami telah membeli tiket untuk masuk ke La Pedrera secara online sewaktu masih di Indonesia. Harga tiketnya 20,50 Euro perorang. Sebelum berangkat kita sarapan dulu dengan makanan yang sudah disediakan oleh pihak hostel. Lalu dengan bus kita berangkat ke La Pedrera.

Sekitar jam 9.30 pagi kami telah tiba di La Pedrera. Wah ternyata kalau pagi jalanan di Barcelona masih sangat sepi. Toko-toko juga belum pada buka, dan antrian di La Pedrera pun belum ada sama sekali. Kami langsung masuk ke bangunan itu. Setelah dilakukan pengecekan tiket, lalu kami diberikan alat audio berbahasa Inggris sebagai alat bantu penjelasan selama tour di La Pedrera. Oya sebelum kita menjelajahi setiap sudut bangunan ini, kita dapat menitipkan tas kita ke ruangan loker yang tersedia dengan deposit uang sebesar 2 Euro. Tas sudah dititpkan diloker, saatnya mengelilingi La Pedrera.
Bagian depan La Pedrera.

Lobby Casa Mila.
Dari lantai bawah kita langsung diarahkan ke lantai paling atas La Pedrera dengan menggunakan lift. Memang yang paling terkenal deri bangunan ini adalah bagian paling atas atau atapnya yang memiliki cerobong asap dengan berbagai macam bentuk unik. Sesampainya dibagian atap kita langsung terpesona dengan detail arsitekturnya. Cerobong-cerobong asap yang muncul pada bagian atap itu dibuat menyerupai bentuk tertentu, salah satunya ada yang berbentuk seperti kepala ksatria jaman dulu. Bagian atap ini sangat cantik sebagai tempat foto karena warna bangunan yang didominasi warna kekuningan sangat kontras dengan langit biru cerah Barcelona pagi itu. Kita juga dapat melihat pemandangan kota Barcelona yang cantik dari atap La Pedrera ini.
Matahari pagi yang menghangatkan.
Bangunan La Pedrera difoto dari rooftop.

Bagus banget bagian atapnya.
Foto-foto disini hasilnya bagus semua.

Makasih fotograferku sayang.
Makin siang turis yang datang makin rame.
Ga nyangka bangunan sekeren ini dibangun di awal abad ke 19.
Cool..

View kota Barcelona dari atap La pedrera.
Puas menikmati bagian paling atas dari La Pedrera, kita lalu masuk ke ruangan galeri museumnya. Disini kita akan disuguhi layar besar yang menampilkan sejarah tentang Antoni Gaudi. Lalu kita juga akan melihat bagaimana Gaudi terinspirasi dari semua bentuk yang ada di alam dalam desain arsitektur bangunan maupun perabotan yang dibuatnya. Kita juga diberikan penjelasan bagaimana Gaudi membuat fasad langit-langit La Pedrera yang cantik, dan ternyata saat kita menengadah ke atas memang keren banget langit-langit yang dibuat oleh Gaudi tersebut. Tak lupa kita juga bisa melihat sejarah pembuatan 4 bangunan terkenal yang dibuat oleh Gaudi yaitu Casa Batllo, La Pedrera (Casa Mila), Park Guell dan Sagrada Familia. Di museum ini juga ditampilkan perabot yang dirancang dan dibuat oleh Gaudi.
Galeri museum Gaudi di La Pedrera.
Maket Casa Mila

Detail maket La Pedrera.
Kaca untuk melihat detail fasad langit-langit La Pedrera.

Maket untuk Sagrada Familia.
Inspirasi desain Gaudi yang berasal dari alam.
Dari galeri museum kita lalu turun untuk melihat desain apartemen yang ada didalam La Pedrera ini. Di La Pedrera ini, satu lantai terdiri atas satu unit apartemen. Jadi apartemen yang tersedia memang cukup luas dengan banyak ruangan. Setiap ruangan yang dalam apartemen ini dibangun berdasarkan fungsi dengan tata letak yang sangat baik dan cermat. Mulai dari dapur yang diletakkan dibagian paling belakang, kamar pembantu didekat dapur, ruang makan, kamar anak yang jauh dari suara bising jalanan, ruang tengah, kamar mandi, kamar utama dll. Semuanya memiliki konsep yang sangat baik sesuai fungsinya. Kita juga bisa melihat bagaimana perabotannya. Ternyata di awal abad ke-19 saja perabotan yang digunakan didalam apartemen ini sudah cukup canggih. Saya paling kagum dengan kitchen set dan peralatan dapurnya, juga bathub yang ada didalam kamar mandinya.
Perabotan dan mainan di kamar anak, rada serem liatnya.
Gudang
Kamar mandi di apartemen Casa Mila.

Meja makan
View jalanan Barcelona dari dalam apartemen La Pedrera.
Ruang kerja & photobomb.
Kamar tidur di Casa Mila.
Setelah keliling melihat setiap sudut apartemen di La Pedrera, kita lalu ditawarkan untuk berfoto dengan latar belakang bangunan yang dibangun oleh Gaudi. Kita bisa membeli hasil foto tersebut seharga 10 Euro. Di sana juga terdapat toko souvenir untuk kita membeli oleh-oleh.

Tidak terasa sudah siang saat kami keluar dari La Pedrera. Kami lalu menyusuri jalan besar Pg de Gracia untuk melihat hasil karya Gaudi lainnya yaitu Casa Batllo. Bangunan ini sangat unik karena fasadnya berbentuk seperti tulang belulang. Kami tidak berminat masuk kedalamnya, hanya mampir untuk berfoto dari bagian luarnya saja. Sepanjang jalan Pg de Gracia banyak sekali pertokoan atau butik brand ternama, jadinya sempatkan waktu untuk shopping ya. Karena harga di Barcelona lebih murah dibanding kota-kota Eropa lainnya.
Casa Batllo
Casa Batllo yang keren.

I'm with U.
Belanja he..he..
Berhubung kami ingin melakukan web check in untuk penerbangan kami dari Paris ke KL, jadinya kami putuskan untuk kembali ke hostel siang itu. Dengan fasilitas komputer dan wifi yang ada di hostel kita pun melakukan web check in. Kami melakukan web check in awal, karena kami mau memilih tempat duduk yang kami inginkan dalam penerbangan itu. Selesai proses web check in, kami lalu makan siang dan berbelanja cemilan untuk besok diatas bus di supermarket dekat hostel.

Sorenya kita jalan-jalan di La Ramblas. Jalanan yang sangat terkenal di Barcelona. Jalanan ini penuh oleh turis, dikiri kanannya terdapat toko dan butik terkenal. Kita habiskan waktu sore kita dengan menyusuri lorong-lorong yang ada di La Ramblas. Sampai akhirnya capek dan kembali ke hostel untuk beristirahat.
Balon dan bendera Catalunya.
La Ramblas

Lucunya pohon di jalanan Barcelona.

Our way back to hostel
Next saya akan bercerita tentang serunya suasana hari Minggu di La Ramblas Barcelona dan perjalanan saya naik bus dari Barcelona ke Paris. Terus ikuti ya.