Selasa, 02 Juni 2015

Day 15 Barcelona - Spanyol (Euro Trip 2015)

Sekitar jam 6 pagi kami sampai di terminal bus Barcelona Nord setelah menempuh perjalanan kurang lebih 7 jam dengan bus malam ALSA dari Madrid sebelumnya. Karena diluar masih gelap kita stay dulu di terminal bus, sekalian ke informasi untuk menanyakan tempat pemberhentian bus Megabus. Karena lusa kami akan naik bus Megabus dari terminal ini menuju Paris. Sekitar jam 7.30 kita keluar dari terminal dan menuju stasiun metro terdekat. Di stasiun metro ini kami membeli tiket metrobus (tiket yang bisa digunakan untuk naik metro/bus sebanyak 10 kali) seharga 10 Euro dimesin penjual tiket. Setelah tiket metrobus ditangan kita langsung menuju hostel dengan metro.

Setibanya di Hostel kita langsung disambut dengan sangat ramah oleh resepsionisnya, seorang wanita muda yang cantik. Kami menginap di Hostel ELLA, hostel ini merupakan salah satu hostel terbaik di Barcelona. Bersyukur kita dapat memesan kamar di hostel ini, karena hostel ini sering penuh. Karena kamar kami belum tersedia pagi ini, jadinya kita belum bisa check in. Tapi resepsionisnya dengan baik hati mempersilakan kami mengambil makanan yang sudah disediakan untuk sarapan. Hostel ini adalah salah satu hostel terbersih dan ternyaman yang kami inapi selama Euro trip kami ini. Kamar mandinya super bersih, ruang tengahnya cozy dan ada komputer yang disediakan untuk kita. Ada juga taman untuk tempat bersantai dan wifi nya kencang. Kamarnya sendiri cukup luas dengan kasur yang nyaman dan bersih. Setelah sarapan kita beres-beres dan siap-siap untuk menjelajahi kota Barcelona. Seperti biasa koper kita titipkan ke resepsionis.
Taman hostel.
Ruangan komputer hostel.
Cozy hostel.
Saat kami keluar pintu hostel, tiba-tiba ada seorang pemuda ganteng menyapa kami. Ternyata dia adalah tour leader dari free walking tour yang disediakan oleh Hostel Ella setiap harinya. Dia dengan ramah menawarkan kami untuk ikutan. Wah tawaran yang menarik, tapi karena hari ini kami pengen santai jalan-jalannya jadinya kami tolak dulu. Makin senang saja dengan hostel ini karena ada free walking tournya juga. Pagi ini kami akan mengunjungi Gereja Sagrada Famili yang sangat fenomenal itu. Salah satu rancangan arsitek Gaudi yang sampai hari ini masih dalam tahap penyelesaian. Keluar dari stasiun metro Sagrada Familia, kita langsung dapat melihat megahnya gereja gotik ini. Sungguh mencengangkan melihat model arsitektur gereja ini. Kita cukup puas menikmati gereja ini dari luar karena masih banyak objek yang ingin kita kunjungi hari ini.
Sagrada Familia
Hot
Gaudi masterpiece
Barcelona with love.
Dari Sagrada Familia kami lanjut ke Park Guell, yaitu taman yang juga dirancang oleh Gaudi. Park Guell terletak didaerah perbukitan kota Barcelona. Perjalanan dengan metro sekitar 30 menit. Waktu dalam metro ini kami melihat seorang turis asal Korea kecopetan, kasian sekali melihatnya. Siang hari kita sampai disana, ternyata cuaca cukup terik di sana jadinya kita merasa salah kostum karena masih pake jaket he..he.. Barcelona lebih hangat dibandingkan kota-kota Eropa lainnya, karena letaknya memang diselatan. Kami menghabiskan waktu cukup lama di Park Guell. Karena taman ini cukup luas untuk diexplore.
Otw dari stasiun metro ke Park Guell.
Menikmati taman di Barcelona.
Gaudi house
Uniknya Park Guell
Lorong-lorong di Park Guell.
Kami sempat ketemu seorang bule Perancis yang menyapa kami dan menawarkan bantuan untuk memfoto kami berdua. Kaget juga, biasanya kita yang minta tolong orang, ini malah kebalikan dia yang nawarin. Ya uda kita senang-senang aja, pas foto, dia langsung bilang satu, dua, tiga.. Wow surprise pas tau kalo ni bule bisa bahasa Indonesia. Akhirnya kita ngobrol, dia cerita kalo dia surfer dan uda beberapakali ke Indonesia. Dia uda pernah ke bali, lombok dan mentawai. Pas bilang mentawai, kita langsung kaget lagi dan cerita kalo kita asalnya dari Padang kota terdekat dari mentawai. Obrolan jadi makin seru ketika dia cerita tentang Padang, Bukittinggi dan sate he..he.. Dia memuji bagaimana indahnya negeri Indonesia dengan pantai dan ombak yang keren. Bangganya..wonderful journey with wonderful people.
Difotoin.
Gayanya...he..he..
Saltum biarin deh.
Setelah puas menikmati suasana taman yang unik di Park Guell, kami lalu naik bus ke Placa de Catalunya. Placa de Catalunya adalah pusat kota atau alun-alun dari kota Barcelona. Perjalanan dengan bus dari Park Guell ke Placa de Catalunya sekitar 1 jam. Sampai di Placa de Catalunya sore hari, sambil menikmati sore saya asyik bermain dengan burung-burung merpati yang ada di sana. Lalu kami melihat ada tenda pendaftaran untuk acara maraton yang akan diadakan 2 hari lagi (hari Minggu) di Placa de Catalunya. Wah karena kita masih di Barcelona hari Minggu itu, jadinya pengen ikutan. Apalagi pendaftarannya terbuka untuk siapa saja dan gratis. Bang Tomi paling semangat untuk ikutan he..he.. Saya mah niatnya pengen foto-foto aja tar karena memang ga bawa sepatu lari.
Main merpati yang jinak di Placa de Catalunya.
Placa de Catalunya
Daftar untuk acara maraton di Barcelona.
Ini yang paling semangat untuk maraton.
Setelah mendaftar kami lalu jalan-jalan keliling daerah Placa de Catalunya. Jalanan di daerah ini mengingatkan saya denga jalan Orchard Singapura. Karena jalanan yang luas, lalu tempat berjalan kaki yang luas dimana dikiri kanannya terdapat toko-toko dengan brand-brand ternama. Saya tertarik sekali dengan brand desigual yang merupakan brand asli Barcelona. Pas sekali saat saya disana, mereka lagi mengadakan diskon 25% all item. Jadilah saya belanja he..he.. Serunya lagi di butik desigual ini menyediakan cemilan coklat dan minuman bir buat costumernya. Ini membuat Bang Tomi betah nunggu, selagi saya belanja dia ngemil coklat, tapi ga minum bir, haram.. Sebenarnya ada juga produk untuk prianya, tapi si abang ga suka.
Ada yang happy abis shopping he..he..
Puas belanja-belinji di desigual, kita lalu mencari restoran buat makan. Karena males jalan, didepan butik desigual kita melihat ada KFC. Ya uda kita makan aja disana. Karena uda capek, sehabis makan kita putusin buat balik ke hostel dan beristirahat. Nyampe di hostel ternyata koper kita sudah dimasukkan ke kamar. Wah pelayanan yang baik sekali walau cuma nginap di hostel tapi pelayanan mereka ga jauh berbeda dengan hotel berbintang. Next saya akan cerita gimana serunya pengalaman kami menjelajahi salah satu karya Gaudi yang ternama yaitu La Pedrera (Casa Mila) di Barcelona. Ikuti postingan berikutnya ya.