Rabu, 21 November 2018

Keliling Amerika Serikat 2018 - USA Autumn Trip Day 1.

Teddy Bear di Hamad International Airport Doha-Qatar.

Perjalanan kami dimulai hari Jumat tgl 19 Okt 2018. Untuk pertama kalinya kita berdua akan melakukan penerbangan kurang lebih 24jam. Kalau bokap bilang bakal melewati setengah globe. Bismillah, kami pun berangkat dengan Qatar Airways dari bandara Soekarno Hatta Jakarta. Tiket sudah dibeli beberapa bulan sebelumnya, pas ada promo, sehingga lumayan murah dan pastinya multi city dengan rute Jakarta-New York, Los Angeles-Singapura.

Nikmati lounge terminal 2 CGK.

Sengaja pake jilbab bergo yang nyaman buat tidur sepanjang penerbangan.

Puas-puasin makan makanan khas Indonesia di Lounge.

Sekitar jam 19.00 wib, pesawat kami pun lepas landas dari CGK. Sebelum tiba di New York, kami mesti transit di Doha - Qatar terlebih dahulu. Penerbangan pertama ini memakan waktu kurang lebih 8 jam dari Jakarta ke Doha. 8 jam penerbangan ini kita mendapat 2 kali makan. Dan makanannya yang disediakan lumayan enak, asal pinter milih menu-nya he..he..

Bantal, selimut dan amenities yang diberikan dalam penerbangan Qatar Airways CGK-DOH.

Foto-foto dulu sebelum take off.

Siap-siap tidur he..he..

Pilihan menu makanan di penerbangan pertama.

Pilihan menu makanan kedua di penerbangan pertama.

Makan malam menu pilihan ayam saus lada hitam, ini enak.
Rute penerbangan pertama kami.
Menu pilihan sapi, ga enak kalau yg ini, jadi pilih yg ayam aja ya.

Sekitar jam 23.00 waktu setempat, kami tiba di Hamad International Airport Doha. Disini kami transit sekitar 2,5 jam. Rasanya transit 2,5 jam di Doha untuk melanjutkan penerbangan ke USA itu tidak lama teman-teman. Karena antrian pemeriksaan untuk masuk gate khusus penerbangan ke USA sudah dimulai 1,5 jam sebelum boarding. Prosedur security check-nya untuk naik pesawatnya sangat panjang dan lama. Intinya prosesnya jauh lebih ketat dibanding naik pesawat tujuan negara yang lain. Alhasil, kami pun segera ikut antri di gate penerbangan berikutnya.

My Travelmate.

Masih happy, itu muka segeran habis cuci muka he..he..

On the way.

Hamad International Airport Doha.

Tempat bermain anak yang lucu.

Seluncuran aja gemes gini bentuknya.

Saking ketatnya proses security check ini, semua barang elektronik mesti dikeluarkan dari dalam tas. Ga boleh ada satu pun bahan metal yang melekat di tubuh, agar terhindar dari proses pemeriksaan yang lebih lanjut. Lalu setelah kami perhatikan petugas security check penerbangan menuju USA ini rata-rata orang keturunan Afrika yang berbadan besar dan berkulit gelap (sangar). Baik laki-laki maupun perempuan semuanya bersikap tegas dan menunjukkan wajah tak bersahabat.

Setelah melewati semua proses security check ini, kami pun bisa bernafas lega karena semua barang bawaan kabin kami aman dan tak ada yang disita. Kami berdua lalu duduk di kursi sesuai zona yang tertera pada boarding pass kami. Saat duduk ini kami berkenalan dengan orang Indonesia mbak & mas yang berasal dari Bali yang kebetulan bekerja di cruise yang ada di USA. Kami pun ngobrol dengan mbak & mas ini. Senangnya ada orang Indonesia yang sepesawat dengan kami.

Sekitar jam 01.00 dini hari proses boarding untuk penerbangan menuju New York dimulai. Urutan penumpang boarding ini dipanggil sesuai zona yang tertera di boarding pass. Biasanya dimulai dari First Class & Bisnis Class, lalu kelas ekonomi dimulai dari zona 1, 2, 3 dst. Untuk zona 1 biasanya yang duduk di bangku bagian belakang pesawat, sedangkan kami yang duduk dibagian depan economy class mendapat giliran zona 3. Oya, untuk teman-teman yang mau ikutan Doha City Tour secara gratis saat transit dari Qatar Airways, bisa baca infonya disini ya.

Ketika zona 3 diumumkan untuk boarding, kami pun segera naik keatas pesawat. Sebelumnya yang duduk disebelah Bang Tomi adalah mas-mas asli Indonesia yang kerja di perusahaan minyak Qatar. Untuk penerbangan kedua ini yang duduk disamping Bang Tomi adalah ibu-ibu dari Bangladesh he..he.. Harapan kami sih bangkunya kosong biar bisa bebas tiduran gitu sepanjang penerbangan, tapi malah penuh penumpangnya.

Sekitar jam 02.00 dini hari kami pun lepas landas dari Doha menuju New York. Penerbangan kedua ini memakan waktu kurang lebih 14 jam. Mayan bikin pantat tepos, dan panas he..he.. Untuk mensiasati penerbangan yang panjang ini biar ga bosan, selain tidur ya nikmati semua fasilitas hiburan yang ada di pesawat. Mulai dari nonton film ampe bosan, main game ampe bosan dan makan makanan diatas pesawat sampai bosan juga he..he.. Jangan lupa jalan-jalan diatas pesawat, minimal bolak balik ke toilet, biar peredaran darah ke kaki lancar dan kaki ga bengkak guys.

Menu makanan ayam pilihan saya di penerbangan kedua, enak.

Menu makanan daging pilihan bang tomi di penerbangan kedua.

Deg-degan pas ada guncangan.

Membunuh waktu dalam long flight ini.

Membelah fajar.

Snack plus game yang ada di penerbangan ini.

Nonton film sepuasnya.

Pagi menjelang.

Menu sarapan saya.

Menu sarapan Bang Tomi, sebenarnya mau yang sama dengan yang saya pilih tapi kehabisan hiks..hiks..

Dua jam sebelum mendarat, pramugari akan membagikan kertas Customs Declaration untuk kita isi. Pada lembaran ini kita diminta untuk memberitahukan barang-barang apa saja yang kita bawa ke USA. Hanya perlu 1 lembar Customs Declaration untuk 1 keluarga. Jadi nanti dilaporkannya bersama-sama satu keluarga gitu. Tak terasa kami pun mendarat dengan mulus di John F. Kennedy Airport New York (NY).

Lembar U.S Customs Declaration.

Rasa senang bercampur was-was meliputi perasaan kami. Senang karena akhirnya penerbangan panjang ini mengantarkan kami dengan selamat sampai di NY. Was-was karena takut-takut kami ga diperbolehkan masuk ke USA oleh pihak imigrasi bandaranya. Maklum ga sedikit kita dengar orang-orang yang dilarang masuk ke USA dan disuruh kembali ke negara-nya atau ada juga yang kena denda karena membawa barang-barang terlarang dll. Kami pun berdoa semoga proses imigrasi dan customs berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Menjelang mendarat saya langsung berberes dan rapi-rapi buat menghadapi imigrasi JFK Airport.

Jilbab pun diganti dengan yang lebih oke he..he..

Kami tiba sekitar jam 09.00 pagi waktu NY, antrian imigrasi bandara JFK pagi itu lumayan panjang. Sekitar 30-40 menit kami mengantri, sampai tiba giliran kami menghadap ke meja imigrasinya. Untuk keluarga memang diminta maju bersama-sama ke meja imigrasinya, sehingga kami pun langsung jalan berdua. Alhamdulillah, petugas imigrasi yang melayani kami sangat ramah. Dia malah bilang ke saya, "Don't worry Dear and welcome to United State", mungkin tampang was-was saya kelihatan banget ma dia ha..ha.. Semua proses pengecekan paspor dan visa kita berdua berjalan lancar dan tak memakan waktu lama.

Kami lalu menuju tempat pengambilan bagasi. Alhamdulillah, koper kami berdua ada dan aman tanpa ada yang rusak. Karena saya pernah baca ada koper yang dibuka oleh pihak TSA (Transportation Security Airport) bandara USA tapi ini sifatnya random/acak. Karena itu kita memang mesti pakai koper atau gembok yang ada logo TSA nya jika ingin mengunci koper bagasi, agar gembok atau koper kita tidak dibuka secara paksa (dirusak) oleh pihak TSA. Setelah mengambil bagasi, kita dihadapkan lagi dengan 2 orang petugas TSA untuk men-cek lembar Customs Declaration yang tadi kita isi diatas pesawat.

Kami pun berdoa semoga barang bawaan kami ini bisa lolos semua tanpa mesti dibuka dan dicek lagi oleh petugas TSA ini. Alhamdulillah, setelah kami menyerahkan lembar Customs Declaration ke petugas TSA nya, si petugas langsung mempersilakan kami melewati jalur hijau, alias jalur keluar tanpa pemeriksaan. Senangnya, semua barang bawaan kami dari Indonesia aman dan selamat sampai di USA. Termasuk bahan makanan yang kami bawa. Next saya bakal cerita tentang perjalanan kami setiba di NY, termasuk transportasi yang digunakan, tempat tinggal dll. Terus ikuti cerita saya di blog ini ya, dan semoga bermanfaat..😊