Kamis, 02 Juni 2016

Tata Cara Apply E-Visa Turki

Turki menjalin kerja sama yang cukup baik dengan negara kita, jadinya untuk berkunjung ke negara ini kita dipermudah dalam pengurusan visa. Ada 2 cara dalam mengajukan aplikasi visa ke Turki, pertama dengan Visa On Arrival (VOA) yang bisa kita buat saat sampai di bandara di Turki. Namun resikonya jika kita apply VOA adalah cukup memakan waktu karena mesti antri dengan wisatawan lainnya. Senangnya ada lembaran visa yang tertempel didalam paspor, jadi berasa punya visa beneran.

Cara mengajukan visa yang kedua adalah dengan apply E-Visa atau electronic visa. Ini cara paling mudah dan tidak memakan waktu lama. Yang diperlukan hanya kartu kredit untuk membayar e-visa ini. Tapi visa yang diberikan hanya selembar kertas yang dikirim melalui email, yang nantinya mesti kita print dan dibawa saat diimigrasi Turki. Saya akan menjelaskan tata cara apply e-visa Turki ini, berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke website https://www.evisa.gov.tr/en/ lalu klik tombol apply. Muncul halaman seperti di bawah ini :
Halaman aplikasi.

2. Masukan Country/Region sesuai negara, Travel Document untuk wisatawan seperti kita biasanya Ordinary Passport, lalu masukan Security Verification sesuai huruf dan angka yang tertera dibawahnya. Lanjutkan dengan klik tombol Save and Continue. Lalu akan muncul halaman seperti dibawah ini :
Halaman tanggal kedatangan.

3. Masukkan tanggal kedatangan sesuai dengan tiket anda tiba di Turki. Lalu klik tombol Save and Continue. Jangan lupa baca detail dikolom kuning sebelah kanan. Setelah menekan tombol Save and Continue akan masuk ke halaman ini :

Halaman data diri.

4. Masukkan data diri sesuai dengan data paspor. Jika masih ada keluarga atau anggota dalam kelompok yang akan membuat visa dalam satu aplikasi tinggal tekan tombol Add a New Person (ini berfungsi untuk menghemat biaya tambahan sebesar 0.7 USD setiap satu aplikasi baru), lakukan step by step seperti diawal. Lalu klik tombol Save and Continue. Akan muncul halaman seperti dibawah ini :
Halaman verifikasi data diri.

5. Jika data diri sudah diyakini benar klik tombol Verify, jika belum bisa klik tombol Edit. Setelah klik tombol Verify akan muncul halaman yang menyatakan data sudah sukses diverifikasi dan ada email konfirmasi yang masuk ke email anda.
Notifikasi proses visa dikirim ke email.

6. Cek email dari "Republic of Turkey Electronic Visa Aplication System" dengan subjek "E-mail address verification message". Buka email tersebut makan akan muncul halaman seperti di bawah ini :
Halaman verifikasi melalui email.

7. Klik tombol Approve maka kita kan masuk pada halaman pembayaran visa sebesar 25.7 USD (0.7 USD merupakan biaya tambahan). Ingat biaya tambahan hanya diperlukan dalam satu aplikasi visa, jadi kalau pergi sekeluarga cukup buat visa dalam satu aplikasi untuk sekeluarga jadi hanya kena biaya tambahan 0.7 USD sekali saja. Pembayaran visa dilakukan secara online dengan kartu kredit seperti halaman dibawah ini :

Halaman pembayarn e-Visa Turki (contoh ini bukan biaya visa untuk WNI).

8. Setelah memasukan data kartu kredit lalu klik tombol Make Payment. Setelah pembayaran anda berhasil, maka ada notifikasi kalau link untuk mendownload visa telah dikirim ke email anda.

9. Cek email baru dari "Republic of Turkey Electronic Visa Aplication System" dengan subjek "Your e-Visa is ready". Buka email maka akan muncul halaman sebagai berikut :
Email yang berisi link download e-Visa Turki.

10. Lalu klik tombol download untuk mendownload e-Visa Turki anda. Nanti e-Visa ini tinggal diprint dan dibawa saat masuk imigrasi di Turki. Dibawah ini contoh e-Visa Turki saya :
E-Visa Turki saya yang sudah diedit, aslinya semua data terisi.

Gampangkan dan ga butuh waktu lama untuk apply visa nya. So yuk nabung dan wujudkan impian jalan-jalan ke Turki. Semoga Bermanfaat..

2 komentar:

Day 6 UK Trip 2023 - Edinburgh.

  Dean Village. Tanpa kita sadar uda masuk hari ke-6 perjalanan kami pada UK Trip kali ini, dan masuk hari kedua di Edinburgh. Hari ini kita...