Selasa, 09 Februari 2016

Lombok Day 5 (Gili Trawangan-Pusuk)

Setetes surga di Lombok
Rada susah bangun pagi ini, karena badan pegel-pegel semua. Ketauan uda lama ga renang nih kita he..he.. Si Abang malah sampai saya bangunin buat solat Subuh. Abis Subuh pun kami tidur lagi. Hari ini agendanya memang santai-santai di Gili Trawangan. Jam 10 pagi baru kami benar-benar bangun dan langsung order sarapan ke resepsionis homestay. Kita dikasi menu sarapannya dan tinggal milih. Saya pilih pancake banana + tea, Bang Tomi pilih omelet + roti + tea. Nunggu 15 menit sarapan terhidang di teras kamar. Serunya penginapan ini ada hammock (tempat tidur gantung) yang digantung di teras setiap kamar. Jadinya sambil nunggu sarapannya datang saya leyeh-leyeh dulu dihammock.

Omelet + roti bakar sarapan Bang Tomi.

Banana pancake sarapan saya.

Hammock di teras kamar.

Sarapannya pas ni.
Abis sarapan kita bukannya langsung mandi tapi masih malas-malasan dikamar. Alhasil sekitar jam-11an baru keluar dari kamar buat check out. Tapi berhubung kami masih mau jalan-jalan keliling pulau, jadinya tas ransel kita titip aja di resepsionis. Selesai urusan check out kita awal jalan ke depan, pas nyampe depan ditawari sepeda, trus saya tanya bisa sewa per-jam ga? Ternyata bisa 15rb/jam, ya uda kita ambil 2 sepeda buat keliling pulau. Kenapa saya pesan per-jam karena memang niatnya buat keliling pulau aja. Abis itu bakal leyeh-leyeh di pantai, sayang ga kepake seharian juga. Kalo sewa sehari 50rb, cuma salahnya kita, ga sewa dari kemaren. Karena keasyikan snorkling ga kepikiran sewa sepeda he..he.. Langsung aja kita gowes tu sepeda ke arah sunset point lagi, sekarang rutenya bakal sampai ombak sunset trus mengelilingi pulau. Yippie enjoy banget deh kita gowesnya. Mana cuaca cerah mendukung banget, abang ga henti-hentinya foto istrinya yang lagi asyik bersepeda he..he..


Gowes sepeda sewaan di Gili.

Cuaca mendukung banget buat sepedaan.
Pas nyampe di sunset point, ternyata dipantainya juga ada hammock yang digantung, jadilah kita coba tidur disitu, trus foto-foto he..he.. Oya pemandangannya pas siang hari ga kalah menakjubkan dibandingkan pas sunsetnya. Air laut yang bening dan surut ditambah birunya langitnya bikin kita pengen foto-foto lagi diayunan tengah lautnya he..he.. Dan yang enak lagi pas kami datang kesana ga da satu manusia pun yang berfoto disana, jadinya bisa lama-lama dan banyak pose he..he.. Beda banget pas sunset kemaren sampai mesti antri satu persatu, untung kita dapat moment sunset yang pas kemaren, kalau ga ya apes. Eh sehabis kita foto datang dong orang lain karena melihat kita foto-foto disana, rame lagi deh.

Hammock di pantai ini enak banget.

Hammock di sunset point Gili Trawangan.

Ajib gosongnya he..he..

Ini asli warnanya memang seperti ini tanpa editan.

Bersamamu serasa lengkap.

Jatuh cinta dengan pulau yang bernama Gili Trawangan.
Lalu kita lanjut gowes terus ke ombak sunset, disana juga ada ayunannya juga. Malah ada photografernya segala yang bakal bantuin kita foto. Jadi nanti si photografer bakal ambil foto kita pake kamera dia dan kamera kita. Tar kita dikasi no buat melihat hasil foto dari kamera yang kita gunakan, kalau kita berminat bisa langsung dicetak dan beli hasil fotonya. Karena hasil foto yang dikamera kita uda bagus, jadinya kita ga berminat lihat foto dari kamera mas nya, makasih banyak ya mas photografer (untung gratis). Abis dari ombak sunset kita memutar ke arah pemukiman penduduk pulau Gili Trawangan, melewati jalan setapak gitu. Nah disini rantai sepeda si Abang sempat lepas. Jadilah kita perbaiki dulu. Untung ga lama, jadi kita lanjutin gowesnya sampai ketemu pantai lagi.

Ni dia ayunan ombak sunset.

Hasil foto mas photografernya keren-keren.

Love it.

Hold my hand.

Semoga pulau ini tetap terawat sampai nanti ya Bang.



Lanjut muterin pulau.

Ada kotak telpon ala-ala London.

Pas rantai sepeda abang lepas.

Beres perbaiki rantainya, kita lanjutin lewati perkampungan di Gili Trawangan.
Dan ternyata pantai disisi sebelah sini jauh lebih indah dari pada sisi sebelah sunset point. Jadi kalau ke sunset point kita dari pelabuhan belok kiri, sedangkan pantai yang putih banget pasirnya ini ada disisi sebelah kanan dari pelabuhan. Kami berdua ampe melongo lihat view pantainya siang itu. Subhanallah indahnya, sampai-sampai sepeda kita gotong tu ke pantai. Karena uda se-jam kita balikin dulu sepedanya, oya si Abang sempat ambil tas ransel dari penginapan pake sepeda. Trus dikasi air mineral dingin ma mas resepsionisnya wah baik deh, tau aja kita abis panas-panasan sepedaan. Selesai ngembaliin sepeda, kita balik ke pantai buat leyeh-leyeh sambil makan siang. Kebetulan tadi pas keliling pulau nemu mbak-mbak jual nasi pedas, tapi beda ma yang kemaren. Jadinya kita beli nasi pedas lagi buat makan siang ala-ala piknik gitu ditepi pantai.

Ketemu pantai lagi sehabis lewatin perkampungan.

Gowes sambil liat pantai yang indah banget.

Asli keren pantai disisi kanan pelabuhan ini.

Bela-belain gotong sepeda ke pantainya he..he..

Jangan takut item, enjoy your trip.

Gosong bareng yuk say.
Ternyata nasi pedasnya ga seenak n sepedas kemaren. Ternyata beda penjual, beda pula rasanya. Rada kecewa karena ekspektasinya uda terlanjur tinggi, karena ngerasain nasi pedas kemaren yang enak. Setelah perut kenyang dan rasanya uda puas menikmati pantai-pantai di Gili Trawangan, kita mutusin buat balik ke Mataram siang itu. Beli tiket kapal buat balik ke Lombok seharga 15ribu perorang. Ga lama nunggu, kita berdua pun naik kapal ninggalin pulau Gili yang indah. Nyampe di pelabuhan Bangsal, rencanannya kami mau sewa motor aja. Kebetulan kemaren pas mau berangkat sempat lihat penyewaan motor di Bangsal. Tapi sayang pas datang kesana, motornya uda pada abis disewa.

Kesibukan di pelabuhan Gili Trawangan siang itu, btw itu fast feri menuju Bali lho.
Balik lagi deh ke pelabuhan, karena tadi saya sempat lihat angkot lagi ngetem disana. Pas tanya ke supirnya, ternyata angkot ini disewa oleh rombongan dari Kalimantan yang kebetulan lagi main ke Gili Trawangan. Tapi mas supir angkotnya bilang kita tunggu aja disini, soalnya nanti mereka arahnya juga ke Mataram Mall, jadi bisa numpang. Saya tanya berapa mas kita bayar? 20ribu aja mbak perorang. Oke deh, kita setuju, daripada rempong naik turun angkot sampai ke daerah Cakranegara Mataram. Lebih baik bareng rombongan ini aja, mudah-mudahan ketemu orang-orang baik deh doa kita.

Pas lagi nunggu di bangsal ini sempat ketemu orang Padang juga. Jadi ceritanya pas saya ngobrol ma Bang Tomi, ni orang memperhatikan saya ngomong pake bahasa minang. Jadi kita didekatin ma dia, langsunglah cerita-cerita karna ketemu urang sakampuang huaha..ha.. Satu hal yang saya ingat dari Uda ini dia punya prinsip hidup "Kalau kita berbuat baik ke orang, pasti nanti kita bakal menerima kebaikan-kebaikan dari orang lain pula, begitu juga sebaliknya, kalau kita jahat ke orang lain, pasti bakal menerima kesialan." Wah setuju sekali dengan prinsipnya itu. Jadi Uda ini uda lama merantau jadi guide di Lombok. Trus sempat tukar-tukaran HP kalau besok-besok ke Lombok kontak saja dia, biar tar dia yang antar kita jalan-jalan he..he.. Pas saat kita ketemu dia kemaren, dia lagi ada tamu yang uda booking dia sebelumnya.

Ga lama setelah ketemu Uda dari Padang itu, akhirnya rombongan yang sewa angkot datang. Ternyata itu adalah rombongan ibu-ibu guru dari Sampit Kalimantan. Dan mereka dengan sangat ramah dan welcome menerima kehadiran kita berdua yang numpang di angkot carteran mereka. Alhamdulillah dipertemukan dengan orang-orang baik selama perjalanan ini. Sepanjang perjalanan kita saling berbagi cerita dengan ibu-ibu guru yang semangat ini. Trus rombongan kita sempat mampir dulu di Pusuk buat kasi makan kera-kera disana. Saya ga turun karena takut dengan kera, soalnya trauma lihat kera-kera dipura uluwatu yang nakal-nakal he..he.. Jadi nonton dari atas angkot aja. Ibu-ibu rombongan kita pada heboh lihat kera dan ga takut sama sekali, hebat.

Kera-kera di Pusuk.

Foto dari dalam angkot aja.
Puas bermain dengan kera kita lanjut lagi ke arah Mataram. Di perjalanan mas supirnya nanya ke kita mau turun dimana. Kita bilang dekat Mataram Mall aja mas. Jadi sebelumnya kita uda book M Hotel di daerah Cakranegara. Letaknya memang ga jauh dari Mataram Mall, berbekal peta hotel dari booking.com, kita akhirnya diturunkan dekat M Hotel tempat kita menginap. Wah senangnya bisa sampai M Hotel Mataram. Uda kebayang pengen istirahat soalnya he..he..

Kita langsung check in, pas check in resepsionisnya minta maaf karena kamar dengan kasur double bednya uda penuh semua, jadinya kita dapatnya tipe kamar denga 2 single bed. Tapi masnya bilang besok kita uda bisa pindah ke kasur yang double bed, jadi cuma buat 1 malam ini aja. Karena kebetulan M Hotel ini lagi penuh saat itu. Oke, kita ga msalah kalau gitu. Trus sempat nanya apa hotel ini menyediakan sewa motor? Ternyata ada, tarifnya 75rb untuk motor matic dan 50rb untuk motor manual. Kita langsung pesan untuk sewa selama kita nginap di M Hotel. Pas di cek ternyata semua motor sudah habis disewa. Tapi mas-nya bilang nanti malam ada yang bakal kembaliin motor. Jadi bisa kita pakai besok. Oke kita langsung book motornya dan minta masnya untuk tlp ke kamar kita kalau motornya uda ada. Soalnya kita mau ambil koper yang dititip di Hotel Lombok Raya kemaren.

Kamar 2 single bed di M hotel Mataram

Bersih dan rapi tatanan kamarnya.

Kamar mandi dengan fasilitas baik.
Oya review saya tentang M Hotel Mataram ini cukup bagus. Kamarnya bersih ditata rapi dan modern. Harga permalamnya yang saya dapat saat itu tanggal 29 Des 2015 adalah 270rb/malam tanpa sarapan. Menurut saya lumayan murah karena fasilitas kamarnya lengkap seperti AC, TV kabel, Free Wifi, Tlp Kamar, peralatan mandi, Air Mineral Botol dan ada galon juga dibawah jadi bisa isi ulang air minum. Harga yang saya dapatkan di booking.com juga lebih murah dari harga yang tercantum diresepsionis. Nyampe kamar, kami berdua solat dan istirahat. Trus pas Magrib berasa laper, jadinya si Abang turun cari makanan.
Tadi pas jalan ke M hotel liat ada yang jual pecel ayam dan ayam taliwang di depan hotel. Jadi si abang turun buat beli makanan sekalian mau nanyain motor katanya. Pas naik ke atas abang uda beliin 2 porsi nasi pecel ayam maknyus wangi he..he.. Trus motor katanya juga uda ada dibawah. Tar abis makan Bang Tomi bakal ke Hotel Lombok Raya buat ambil koper kita. Trus dia bilang biar dia sendiri aja karena takut ga muat kalau berdua naik motor trus bawa koper juga. Lagian jarak M hotel ke lombok raya juga dekat. Oke deh, Alhamdulillah semua berjalan lancar. Next saya bakal cerita pengalaman kita pergi ke pantai Pink Lombok..terus ikuti ya. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Wisata Negara Balkan Seindah Itu.

  Kotor Bay - Montenegro. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya baru saja kembali dari trip beberapa negara di Eropa. Pada trip kali i...