Senin, 08 Februari 2016

Lombok Day 3-4 (Gili Trawangan)

Gili Trawangan.
Hari ketiga di Lombok kita ga jalan kemana-mana, karena sehabis sarapan kami langsung menuju rumah Bapak Sekda Mataram untuk mengikuti acara pernikahan putri beliau. Siangnya kami memutuskan untuk istirahat saja di hotel. Karena malamnya ada acara pesta pernikahan putri Bapak Sekda di hotel tempat kami menginap. Selesai menghadiri pesta malam itu, kami pun packing barang karena besok pagi akan check out dari hotel lombok raya. Lalu melanjutkan perjalanan kami ke Gili Trawangan.

Menghadiri pesta pernikahan.
Keesokan paginya sehabis sarapan, kami check out dari hotel dan menitipkan 2 koper ke resepsionis, karena rencananya hanya menginap 1 malam di Gili Trawangan jadi cukup bawa backpack saja. Senangnya kami bakal diantar oleh panitia dari hotel menuju pelabuhan Bangsal. Di lobby pagi itu terlihat kesibukan panitia pengajian mengatur transportasi tamu yang bakal balik ke kota masing-masing, terutama untuk tujuan ke bandara. Kami pun sedikit sungkan bertanya, kapan mobil yang akan mengantarkan kami sampai. Setelah menunggu sekian lama, akhirnya kami pun berangkat ke pelabuhan Bangsal diantarkan oleh mobil yang telah disediakan oleh panitia. Kita naik mobilnya bareng-bareng dengan Ni Filel dan Ak Con, karena Ni Filel dan suami sehabis mengantar kita ke pelabuhan Bangsal bakal jalan-jalan ke Senggigi pakai mobil tersebut.

Berlima kami dengan Pak Supir berangkat dari hotel Lombok Raya ke Pelabuhan Bangsal. Ternyata jalan yang diambil adalah arah ke Pusuk, karena kata Pak Supirnya lebih dekat lewat Pusuk dibanding lewat Senggigi. Kami ngobrol dengan bahasa minang selama di perjalanan, eh ternyata istrinya Pak Supir orang Padang juga jadinya kita saling cerita deh he..he.. Karena baru pertama kali lewat Pusuk, kami pun antusias karena katanya disini banyak kera dipinggir jalan. Tapi yang kami dapati pagi itu selain kera, ada orang yang dibuang ke jurang. Wah seremnya, rame banget yang nonton didepan police line tepi jurang.

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan kami tiba di Pelabuhan Bangsal. Kami pun pamit dengan Ni Filel, Ak Con dan Pak Supir. Sesampainya di Bangsal langsung masuk beli tiket naik kapal umumnya. Harga tiketnya 20ribu perorang itu sudah termasuk biaya retribusi dll. Kapal umum untuk ke Gili ada tiap saat tapi beroperasi hanya sampai jam 5 sore. Ga lama menunggu, kami disuruh naik kapal, saat naik kapal petugasnya akan berteriak warna tiket serta nama kapal yang mesti kita naiki. Pesan saya jangan pernah pakai sepatu tertutup kalau main ke pulau, karena pasti akan basah. Soalnya pas naik kapal aja uda pasti kena ombak, secara kapal bersandar ditepi pantai yang ombaknya datang kapan saja. Jadi sebelum naik kapal gulung celananya kalau pake celana panjang, pakai sendal karet lalu hop..lompat deh ke kapal he..he..

Untung kapal yang saya naiki ga berisi yang aneh-aneh karena banyak postingan blog yang saya baca kapalnya bisa berisi ayam, sayuran dll. Kapal saya saat itu mayoritas dinaiki turis jadi lumayan lega n ga bau he..he.. Sebenarnya ketiga Gili itu sudah terlihat dari pantai pelabuhan Bangsal, jadi memang tidak jauh jaraknya. Naik kapal kira-kira hanya 15-20menit. Oya pemandangan sepanjang perjalanan ke pulau Gili benar-benar biru.

Otw to Gili.

Suasana didalam kapal menuju Gili.

Saya duduknya paling depan he..he..
Sesampainya di Gili kita sempat foto-foto dulu di tulisan Gili Trawangan. Lalu kita disuruh melaporkan diri ke polisi yang bertugas untuk didata. Oya untuk penginapan di Gili Trawangan kami sudah book sebelumnya melalui booking.com. Nah saat menuju hotel ini, saya melihat ada tour snorkling ke 3 Gili untuk jam 1 siang ini. Iseng saya mampir dan bertanya biayanya, masnya bilang 150rb perorang, lalu saya nego biasanya 100rb mas, akhirnya kita deal diharga 125rb perorang. Mas nya bilang nanti sekitar jam 1 kurang 15 menit ngumpul ditempat dia. Oke, kita lanjut ke penginapan untuk check in dan taruh barang. Kami nginap di Creative Homestay selama di Gili Trawangan. Ga susah kok buat nyari homestay ini karena cukup terkenal jadi tinggal nanya pasti diarahin ma mas-masnya. Biaya menginap saat itu untuk kamar ber-AC + sarapan di Creative Homestay adalah 350rb, lumayan mahal ya jika dibandingkan dengan di Mataram. Tapi ingat kami pergi di akhir tahun yang memang lagi peak season di Gili Trawangan.

Kamar di Creative Homestay.

Kamar mandi dalamnya.
Sesampai di penginapan Alhamdulillah kami bisa langsung check in, dan memang cuma tinggal kamar kami saja yang kosong. Mas resepsionisnya baik dan sangat membantu. Setelah beres-beres dan solat zuhur, kami langsung ke tempat ngumpul buat ikut snorkling ke 3 Gili. Sempat ngobrol-ngobrol sama mas pelayan cafe disana, ternyata memang kalau ikut snorkling yang siang harganya sedikit lebih mahal dari pada yang pagi. Jadi kalau pagi 100rb/orang sedangkan siang itu 150rb/orang, lumayan lah kita harganya ditengah-tengah he..he.. Oya kita disuruh pilih sendiri fin/kaki katak sesuai ukuran kaki masing-masing. Setelah pilih fin, kita lalu sama-sama ke kapalnya yang tengahnya dilapisi kaca, jadi kita bisa lihat dasar lautnya. Saat saya snorkling ini turisnya beragam mulai dari bule, India sampai turis lokal. Setelah di kapal baru nanti kita dibagikan life jacket dan snorkenya, bagi yang kuat berenang ga perlu pake life jacket. Turis bule di kapal kami ga da yang pake life jacket, cuma turis asia n lokal aja pake life jacket semua termasuk saya he..he..

Meeting point buat tour snorkling, yuk dipilih-pilih fin nya.

Saya pilih yang kecil aja, sesuai ma ukuran kaki kecil he..he..

Snorklingnya bareng-bareng bro bule.

Let's basah-basahan..abaikan yang lagi monyong itu huaha..ha..
Setelah persiapan rampung, kita langsung menuju spot snorkling pertama. Letaknya tidak jauh dari Gili Trawangan. Dari atas kapal saja kita uda bisa melihat karang-karang indah dibawah lautnya. Lalu kita dipersilakan untuk turun dari kapal satu persatu. Saya semangat dong turun, tak lupa bawa kamera yang uda dipasang anti airnya. Pas asyik-asyiknya snorkling tiba-tiba si abang manggil dia kasi kode kalau naik lagi ke kapal, saya ga tau apa masalahnya. Oya Bang Tomi itu rada parno berenang di Laut, karena dia rabun jauh (ga bisa pake kacamata pas renang) + takut dengan ombak atau arus laut. Dulu juga sempat panik pas pertama snorkling bareng saya di Phi-phi Island Thailand, sampai-sampai snorke nya jatuh ke dasar laut. Untung ada teman sesama turis dari Indonesia yang bantuin ambil nyelam ke dasar laut. Jadi saya maklum kalau dia ga betah lama-lama di laut. Beda banget ma istrinya yang doyan berenang di laut he..he.. Saya malah makin asyik dan diajakin lihat kapal yang karam di spot pertama snorkling ma mas tour guidenya. Wah sempat lihat bangkai kapalnya karam di dasar laut dalam gitu, serem deh.

Terumbu karang yang ke-capture selagi snorkling.

Mudah-mudahan ada yang modalin go-pro biar foto underwaternya lebih oke.

Ga salah dulu nyokap rajin anterin buat belajar renang di club he..he..

Dulu pas kecil hampir tiap minggu diajak renang ke pantai ma Papa, jadinya ga takut laut deh.
Dibandingin dengan snorkling di Phi-phi Island, jauh lebih indah alam bawah di Gili ini. Wah Indonesia memang surganya alam bawah laut. Uda puas di spot pertama, kami lanjut ke spot kedua. Disini kata mas nya kita bakal nyari penyu bareng-bareng. Kalau beruntung kita bisa berenang bareng penyu. Karena arusnya cukup kuat jadi kita mesti bersama-sama ikuti mas guide nya sampai menuju kapal. Kalo ga kuat lambaikan tangan, biar dijemput ma kapal. Untung si abang kuat, jadi kita bareng-bareng dari awal sampai akhir. Walau ga ketemu penyu, tapi saya senang berenang selalu diikuti ikan-ikan kecil he..he.. Cuma kasihan Bang Tomi lengannya lecet sampai luka karena pasang life jacketnya ga benar. Mungkin life jacket ini kegeser posisinya pas berenang, jadinya pengikatnya melukai lengan si Abang. Bang Tomi sempat nyeletuk untung ga dikejar hiu ya huaha..ha..

Spot yang terakhir didekat Gili Air, pas nyampe sana uda banyak juga kapal lain yang sedang tour snorkling. Jadinya kita rame-rame ma rombongan lain snorklingnya. Sebenarnya karang-karang disini pun oke banget, tapi sayang arusnya kuat sekali sampai saya terbawa cukup jauh dari kapal saya. Alhasil mesti berenang sekuat tenaga buat balik ke kapal karena melawan arus yang cukup kuat. Abang sempat turun sebentar tapi naik lagi karena ga kuat ma arusnya. Oya hati-hati juga karang di GIli Air ini tinggi-tinggi jadi gampang melukai kaki kita kalo ga hati-hati. Saya untung pake baju renang panjang, jadi ga kegores lututnya, kalo ga mah bisa berdarah itu he..he.. Karena saya terbawa arus cukup jauh jadinya ya paling akhir sampai kapal, dan itu pun selalu disemangtin orang-orang yang melihat saya karena kelihatan saya ngos-ngosan he..he.. Intinya kalau di laut jangan panik, let it flow aja, jadi aman kok.

Sekuat tenaga melawan arus.

Kalau difoto walau cape kayak apa tetap senyum dong he..he..

Orang terakhir yang naik kapal.
Puas snorkling, kita lalu dibawa ke pulau Gili air untuk makan. Karena harga paketnya ga termasuk makan, jadinya kita makan cemilan yang memang uda kita bawa sebelumnya di pinggir pantai Gili Air sore itu. Tadinya mau coba pesan menu di restorannya, tapi urung karena harganya terlalu mahal, paling murah nasi goreng harganya 50ribu hiks..hiks.. Setelah santai-satai di Gili Air baru kita balik ke Gili Trawangan. Kita sampai di Gili Trawangan menjelang sunset, jadilah kita buru-buru ke sunset point Gili Trawangan buat lihat sunset disana. Karena kita pikir letaknya dekat jadinya kita jalan kaki aja tanpa sewa sepeda. Ternyata cukup jauh letaknya, apalagi tenaga uda abis karena berenang di laut berasa cape banget deh. Tapi cape itu terbayar ma view yang spektakuler dan foto-foto yang mengagumkan ini. Kami berfoto persis saat sunset lagi cakep-cakepnya, sampai-sampai orang yang pada antri foto dan fotoin kami pada tepuk tangan pas kami pose.. Hua berasa gimana gitu he..he..

Gili Air.
Ombaknya lumayan gede sore itu.

View saat menuju sunset point Gili Trawangan.

Best moment at sunset point Gili Trawangan.

Ditepukin ma yang lagi antri buat foto pas gaya ini huaha..ha..
Sunset.
Balik ke penginapan pun suasana indah banget, ditemani langit kemerahan kami berpegangan tangan berdua menyusuri pantai Gili Trawangan yang indah. Sebelum sampai penginapan saya sempatin buat beli nasi pedas dulu. Ini pula untungnya karena jalan kaki, jadi tadi nemu mbak-mbak jual nasi pedas di pinggir jalan, jadi memang uda diniatin tar pulang mampir disini dulu buat beli nasi pedas buat makan malam. Nasi pedas ini harganya 10ribu perbungkus, kita bisa pilih mau lauknya ayam, daging sapi atau telur semua harganya sama. Kita beli 3 bungkus campur ayam, daging dan telur. Trus ga lupa beli gorengan di warung dekat penginapan harganya 2000 satu. Beda banget dengan gorengan di pasar malam harganya 5000 satu. Intinya kalau di gili trawangan pintar-pintar aja cari makanan enak dan murah, soalnya memang rata-rata makanan disini mahal.

Pas balik, liat atraksi ini langsung jepret..wow..
Bersamamu indah.
Sesampai di penginapan kita mandi, solat, lalu makan. Wah ternyata enak lho nasi pedasnya. Bumbu pedasnya ga main-main pedasnya, nasinya juga banyak cocok buat kita yang uda kelaperan he..he.. Trus dagingnya juga ga pelit. Bang Tomi yang paling untung pesan yang lauknya daging, ternyata dagingnya cukup besar kayak dendeng gitu. Saya pesan yang ayam juga ga mengecewakan, pokoknya makyus pedasnya. Sehabis makan kita berdua tepar langsung tidur. Next saya bakal cerita tentang hari kedua di Gili Trawangan.