Rabu, 04 Oktober 2023

Persiapan dan Proses Pengajuan Visa UK (United Kingdom) 2023.

London.

Hal pertama yang saya lakukan sebelum akhirnya memutuskan ke UK (United Kingdom) adalah beli tiket pesawat. Kebetulan waktu itu ada promo harga gledek dari tiket.com dimana banyak ditawarkan tiket-tiket pesawat yang diskon. Lumayan dapat tiket PP Jakarta - London di 10-11jt-an naik Etihad Airways. Sebenarnya tiket ini bukan yang murah-murah amat, karna dulu saya bisa dapat tiket PP Jakarta - London itu di 8jt-an, tapi kan itu dulu ya sebelum pandemi. Setelah pandemi usai, tiket pesawat ke luar negeri uda ga ada yg promo semurah itu lagi.

Jujur pas beli tiket saya masih maju mundur karna harganya masih belum terlalu murah menurut saya. Tapi suami malah bilang "kalo ga sekarang kapan lagi?". Wah dia nya yang semangat makanya Bismillah, langsung beli tiket saat itu. Tiket uda di tangan, saya langsung pikirin itinerary secara garis besar. Maksudnya itinerary garis besar ini mikirin ke negara dan kota apa saja yang bakal kita kunjungi ketika ke UK. UK ini bukan negara ya, tapi sebutan untuk area yang meliputi 4 negara yaitu Inggris, Scotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Jadi teman-teman jangan sampai salah paham mengenai hal ini. Setelah mempelajari peta dan rutenya, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi 3 negara yang ada di UK, yaitu Inggris, Scotlandia dan Wales.

Edinburgh Castle.

Lalu memikirkan kota-kota apa saja yang bakal dikunjungi di setiap negara tersebut dan berapa lama. Semua ini dilakukan, karna terkait dengan hotel/penginapan yang akan kita booking selama trip ini. Bookingan hotel ini nantinya dibutuhkan sebagai salah satu syarat pengajuan visa UK. Makanya kerjaan saya kalo mau trip itu langsung banyak dan runut. Dan ini dilakukan jauh-jauh hari guys, saya uda mulai mikirin itinerary dan pilih-pilih hotel sejak 6 bulan sebelum keberangkatan.

Semua bookingan hotel diawal saya book dengan tipe yang free cancelation. Artinya jika nanti kalau ternyata itinerary saya berubah atau visa ditolak, semua bookingan hotel itu masih bisa dicancel tanpa terkena biaya apa pun. Tiket, Itinerary dan hotel sudah ditangan. Saya lalu mencari tau, apa saja syarat lain untuk mengajukan Visa UK. Sebagai info selama ini saya selalu mengurus Visa setiap perjalanan saya sendiri. Tidak pernah menggunakan jasa agen atau bantuan dari luar. Menjadi kepuasan dan kebanggaan sendiri ketika kita bisa mengurus aplikasi visa kita sendiri dan visa tersebut diapprove oleh kedutaan negara yang kita tuju. 

Sebenarnya syarat pengajuan Visa UK, hampir sama dengan syarat pengajuan Visa negara Eropa lainnya, tapi yang membuat berbeda adalah untuk Visa UK, mereka meminta beberapa dokumen berbahasa Indonesia, mesti ditranslate ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah. Seperti KTP, KK, akte kelahiran dan buku/surat nikah. Teman-teman bisa mencari info tentang jasa penerjemah tersumpah ini di-googla ya. Untuk syarat-syarat yang saya siapkan terkait pengajuan aplikasi Visa UK saya dan suami adalah sebegai berikut :

1. Paspor yang masih berlaku sampai 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
2. Paspor lama untuk menunjukkan perjalanan dam Visa negara yang sudah pernah kita kunjungi sebelumnya.
3. KTP yang sudah ditranslate ke bahasa Inggris.
4. KK yang sudah ditranslate ke bahasa Inggris.
5. Akte kelahiran yang sudah ditranslate ke bahasa Inggris.
6. Buku nikah yang sudah ditranslate ke bahasa Inggris.
7. Gaji suami 3 bulan terakhir.
8. Surat keterangan bekerja dari kantor suami berbahasa Inggris. 
9. Rekening tabungan kita 3 bulan terakhir.
10. Surat referensi dari Bank atas nama saya dan suami.
11. PBB rumah dan Apartemen.
12. Bookingan hotel selama perjalanan ke UK.
13. Itinerary dalam bahasa Inggris.
14. Tiket pesawat.

Semua dokumen persyaratan diatas kita buat dalam bentuk PDF. Untuk dokumen yang mesti ditranslate dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, saya translate sendiri guys (tidak pakai jasa penerjemah tersumpah). Caranya dengan mencontoh dari dokumen-dokumen translate yang ada di google. Kenapa demikian, karna saya cari info dari orang-orang yang sudah pernah mengajukan Visa UK sebelumnya, ada banyak juga yang tidak pakai penerjemah tersumpah untuk hal ini dan Visa UK mereka lolos atau diapprove. Hal ini mungkin karna kita mengajukan Visa Turis atau Visa kunjungan wisata jadi masih bisa pakai dokumen yang kita translate ke bahasa Inggris sendiri. Lumayan menghemat biaya, karna kalau pakai jasa penerjemah tersumpah, butuh biaya 75-150ribu perlembar untuk translate dokumen-dokumen ini. Tapi jika teman-teman ingin lebih aman, dan lebih yakin baiknya memang pakai jasa penerjemah tersumpah ya.

Setelah semua persyaratannya rampung, kami lalu mulai melakukan proses pengajuan visa ke website resmi untuk pengajuan Visa UK. Oya untuk Visa UK setiap orang membuat Visa nya masing-masing ya guys, walau satu keluarga. Ikuti saja langkah-langkah diawal dengan menjawab beberapa pertanyaan, seperti pemilihan bahasa, pemilihan visa yang akan diajukan, negara domisili dan kota untuk pengambilan biometric. Lalu nanti kita akan masuk ke halaman pembuatan akun di website ini. Setelah membuat akun, dan masuk melalui akun yang kita buat, maka kita bisa melanjutkan aplikasi permohonan Visa dengan mengisi formulir secara online. Isi semua pertanyaan yang ada di form tersebut dengan data yang sebenar-benarnya. Sesuai dengan dokumen yang sudah kita persiapkan. Pertanyaan di aplikasi visa ini cukup banyak, mulai dari data diri sesuai paspor, data keuangan/pendapatan, riwayat perjalanan sebelumnya dll, tapi jika waktu kita masih banyak bisa santai mengisinya. Sistemnya bisa kita save dan keluar, nanti bisa masuk lagi melalui akun yang telah kita buat dan dilanjutkan lagi pengisiannya formnya. 

Salah satu contoh isian form aplikasi Visa UK, ada pertanyaan alasan kita pergi ke sana.

Isian tentang travel history kita sebelumnya.

Penampakan form isian aplikasi Visa UK.

Setiap halaman nanti di save dan bisa dilanjutkan langsung atau dilanjutkan nanti.

Setelah semua pertanyaan di form aplikasi visa online ini kita isi, maka kita bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu pembayaran visa secara online dengan kartu kredit. Biaya Visa turis UK adalah £100 per-orang atau sekitar kurang lebih 1.9 jt-an rupiah. Setelah pembayaran berhasil, maka kita akan mendapatkan nomor aplikasi atau no referensi barcode pengajuan visa UK dari GOV.UK Visa. No ini nantinya dibutuhkan untuk ke tahap selanjutnya yaitu membuat janji temu pengambilan data biometric secara online di website VFS global. VFS Global sendiri adalah ke pihak ketiga yang bekerjasama dengan pihak kedutaan UK dalam mengurus aplikasi pengajuan Visa UK.

Untuk login ke website VFS global kita diminta memasukan No referensi aplikasi visa, lalu email ke kolom yang ada di website mereka. Lalu setelah login kita bisa memilih tempat, tanggal dan jam untuk pengambilan data biometric. Lalu nanti ada pertanyaan apakah kita ingin upload dokumen syarat visa kita sendiri secara online tanpa dikenakan biaya apapun, atau ingin dibantu oleh mereka untuk mengupload dokumen persyaratan visa ini tapi dengan biaya tambahan. Tentu diriku pilih yang gratis guys, yaitu upload sendiri. Makanya dari awal sudah disiapkan semua dokumennya berbentuk soft copy berupa file pdf.

Setelah itu kita masuk ke halaman dimana kita bisa memasukkan/meng-upload semua dokumen syarat pengajuan Visa UK yang sudah dalam format pdf (yang tadi sudah disebutkan diatas) ke bagian-bagian sesuai kelompok yang sudah mereka tentukan. Contohnya pada kelompok atau bagian Accommodation - Permanent/Temporary kita masukkan dokumen bookingan hotel selama kita di UK. Bagian Financial Evidence kita masukkan rekening koran 3 bulan terakhir, surat referensi bank dll yang membuktikan tentang finansial kita. Bagian Employment Ecidence kita masukkan surat keterangan bekerja dan slip gaji. Untuk yang tidak ada bagiannya tertera di sana bisa masukkan dokumennya Addtional Documents / Others. Sedangkan untuk kelompok atau bagian Consent Letters and Proof of Relationship kita isi dengan dokumen berupa akte kelahiran, KK dan surat nikah.

Semua softcopy dokumen persyaratan Visa UK yang sudah disiapkan diupload pada halaman ini.

Pengelompokannya sesuai kategori ya.

Awalnya memang tampak sulit, tapi setelah dijalani Insyallah tidak sesulit itu.

Untuk yang tidak ada kategori nya bisa masuk ke bagian Additional Documents.

Ada kebanggan tersendiri jika kita bisa mengurus Visa sendiri dan di-approve.

Ini untuk data pekerjaan, seperti surat keterangan kerja, slip gaji dll.

Jika semua dokument sudah diupload dan yakin dengan semua isinya. Maka kita tinggal save dan print appointment conformation atau bukti konfirmasi janji temu, yang berisi data nama, nomor referensi aplikasi visa, jadwal janji temu dan semua dokumen yang sudah kita upload tadi. Sebaiknya lakukan permohonan visa online ini jauh-jauh hari ya guys. Karna jika sudah terlalu mepet kadang sulit untuk mendapatkan slot jadwal janji temu nya. Sebenarnya ada pilihan slot janji temu weekend, tapi biayanya tentu lebih mahal karna ada tambahan biaya.

Untuk Visa UK pengambilan data biometric ini dapat dilakukan paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan. Dan diriku memang buat janji temu pengambilan data biometric 3 bulan sebelum keberangkatan. Pas hari H pengambilan data biometric, kita datang berdua dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan terutama Paspor pastinya. Janji temu kami di hari Kamis, 15 Juni 2023 jam 1 siang di VFS Global Jakarta khusus Visa UK di Mall Kuningan City lantai 2. Kita datang setelah jam makan siang. Ketika datang lembaran bukti janji temu kita dicek dulu oleh security bagian depan beserta paspor yang kita bawa. Kalau sesuai jadwal dan dokumennya baru dipersilakan masuk.

Ini tahap akhir setelah upload dokumen persyaratan Visa di website VFS global.

Tata cara pengajuan Visa UK juga bisa dilihat di website nya VFS Global.

Btw ke sini jangan bawa laptop ya guys. Soalnya ternyata laptop ga boleh masuk, dan tidak ada tempat penitipan di sini. Jadi bakal bikin ribet diri kita sendiri. Kemaren Bang Tomi bawa laptop jadi ga bisa masuk, akhirnya dititip ke salah satu kasir toko yang ada dekat sana. Setelah masuk nanti kita dapat nomor antrian. Dan bakal dipanggil untuk proses pengambilan data dan biometric sesuai nomor antrian yang didapat diawal. Karna dokumen syarat Visa UK kita sudah diupload semua secar online, jadi prosesnya lebih cepat. Petugas tinggal mencocokan data dan mengambil paspor kita untuk nanti ditempelkan Visa UK jika sudah diapprove. Btw pada saat ini saya bilang ke petugasnya kalau saya pergi bersama suami. Karna Bang Tomi tadi sedikit terkendala saat masuk sebab bawa laptop, jadinya sedikit terlambat dan dapat nomor antrian agak jauh dari antrian saya. Tapi karna saya memberitahu kalau kami berdua suami istri dan berangkat bersama, maka di dokumen kami berdua dikasi noted tanda kita satu keluarga.

Lanjut proses berikutnya pengambilan foto dan data biometrik (sidik jari). Karna waktu itu diriku pakai soft lens, jadi mesti dilepas dulu soft lens nya. Untung didalam ada disediakan cairan dan kotak soft lens nya, jadi aman guys. Jilbab ga masalah asal alis dan wajah terlihat jelas. Setelah selesai pengambilan foto dan data biometric, kita diberikan kertas untuk pengambilan paspor jika visa sudah selesai. Sesuai dengan info dari petugas VFS waktu proses pembuatan Visa ini normalnya 10 hari kerja, tapi bisa lebih tergantung kuota dan banyaknya aplikasi yang masuk. Jadi kita diminta sabar menunggu. Nah saat menunggu inilah kita dibuat harap dan cemas pastinya he..he.. Banyak-banyak berdoa aja guys, mudah-mudahan setiap Visa yang kita ajukan diapprove. Aamiin YRA. Btw jangan lupa follow Instagram saya @chi2min dan subscribe youtube channel saya @chi2min. Agar bisa mendapatkan info terbaru tentang perjalanan saya keliling dunia..😊

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 6 UK Trip 2023 - Edinburgh.

  Dean Village. Tanpa kita sadar uda masuk hari ke-6 perjalanan kami pada UK Trip kali ini, dan masuk hari kedua di Edinburgh. Hari ini kita...