Rabu, 07 Oktober 2015

Day 8 - 13 Sep 2015 Seoul-KL-Singapura-Batam (Korea Trip 2015)

Setelah semalaman tidur di bandara Incheon, paginya kami bangun dan bersiap-siap untuk check in. Jangan salah ga hanya kami yang melakukan hal ini, tapi ada banyak traveler yang melakukan hal yang sama. Jadi kita tidurnya rame-rame dengan traveler lain paling tinggal pilih tempat duduk yang panjang tanpa pembatas, jadi bisa tidur lempeng. InsyAllah aman kok tidur di bandara Incheon, karena tiap jam ada polisi yang patroli disekitar kita. Saya sih tidur lelap, Bang Tomi katanya sesekali bangun untuk cek keadaan dan melihat saya tidur. Oh so sweet nya suamiku he..he.. Karena konter check in nya belum buka, kita sarapan dulu pake pop mie. Kebetulan ga jauh dari tempat kami duduk ada nursery room, disana ada air panas yang bisa kita ambil cuma-cuma, jadi bisa bikin pop mie deh. Kalau air minum banyak tersedia drinking water di bandara ini.

Bandara Incheon.

Tidur di bandara ga da masalah.

Perut kenyang, konter check in pun buka. Lalu kita berdua check in deh. Karena uda web check in sebelumnya, jadi kita tinggal masukkan bagasi dan tukar kertas web check in nya. Proses check in berjalan cepat, walau pelayanan petugas Air Asia di Incheon ini tidak seramah petugas Air Asia di KL. Soalnya pas saya minta ganti no kursi agak didepan, petugasnya ga mau bantu. Katanya mesti bayar, sedangkan di KL saya bisa ganti no kursi tanpa bayar sepersen pun. Ya sudahlah, kita cukup puas dengan no kursi yang uda kita dapat dari web check in sebelumnya. Beres check in, kita langsung masuk masuk ke imigrasi. Setelah dari Imigrasi kita langsung mencari shower room buat mandi. Shower room pertama yang kita datangi teryata penuh, dan mesti daftar dulu kalau mau pake shower room nya. Syarat kita bisa daftar dan pakai shower roomnya mesti menunjukkan boarding pass tiket sebelumnya yang menyatakan kita adalah penumpang transit. Karena kita ga punya boarding pass yang menyatakan kita penumpang transit, jadi ga boleh pake shower roomnya. Rada kecewa karena kita ditolak dan petugasnya juga ga mau bantu.

Ruang tunggu di area transit Incheon.

Saya suka explore bandara dan membandingkannya satu dengan yang lain.

Ya sudah, dengan sedikit kecewa kita menuju ke waiting room penerbangan kita yang ternyata mesti naik shuttle train lagi menuju ke sana. Trus saya membesarkan hati, sambil bilang nanti aja pas nyampe KL kita mandi Bang, kan ada shower room juga disana. Pas nyampe di transit area penerbangan kami, ternyata disana juga ada shower room. Dan shower room nya kosong, ga da satu pun yang dipakai. Jadinya kita berdua langsung masuk deh. Mandi sampai bersih dan wangi di dalam he..he.. Oya di Incheon juga ada mushola jadi urusan ibadah aman. Selesai mandi kita pun menuju ruang tunggu pesawat, sedikit buru-buru ke sana karena waktu tinggal 30 menit lagi sebelum kami take off, takut ketinggalan pesawat. Apalagi ruang tunggu kita diujung jauh dari shower roomnya, lumayan bakar kalori lari-lari sambil dorong troli he..he.. Sempat duduk sebentar, akhirnya kami dipanggil untuk naik keatas pesawat.

Shower room tempat kita mandi di Incheon kemaren.

Fasilitas shower roomnya lengkap ada hairdryer segala.


Penunjuk arah Mushola di Incheon.

Mushola di bandara Incheon.
Arah kiblat yang disediakan di bandara Incheon.



Saya lari nih disini, karena ruang tunggu 108 tempat kita nunggu pesawat jauh di ujung.

Pesawat kami take off sesuai jadwal jam 9.30 pagi waktu Seoul. Saat take off cuaca cerah dan langit biru. Dan syukurnya dibangku 3 orang ini, hanya kami berdua isinya. Jadi lagi-lagi saya tidurnya bisa lempeng, dipaha bang Tomi.  Tapi penerbangan tenang dan damai ini hanya 3 jam pertama. Ditengah-tengah penerbangan pesawat kita mulai mengalami gonjangan. Pilot menghidupkan peringatan untuk memakai seatbelt ditengah penerbangan ini, karena cuaca diluar cukup berawan dan turbulance. Saya mulai deh takut dan ga bisa tidur 3 jam berikutnya sampai pesawat kami mendarat di KL. Kalau Bang Tomi mah dia pelor, jadi tidur aja tetap sampai mendarat. Mungkin karena semalam Abang juga kurang tidur karena jagain saya.

Nyampe KL ternyata kabut asap saudara-saudara. Kami yang seminggu di Korea ga tau kalau negara kita mengalami bencana kabut asap dan sampai di KL. Sampai-sampai saat mau mendarat saja bau asap ini bisa tercium didalam kabin pesawat. Dan saya sempat bingung, kok daratan belum kelihatan juga sedangkan kita uda mau mendarat. Ternyata asap tebal yang menghalangi pandangan. Untung kami mendarat dengan mulus dan lancar, Alhamdulillah. Malu sebenarnya melihat kabut asap ini dari negara kita, sampai di negara tetangga. Setelah mendarat kita langsung menuju imigrasi bandara dan mengambil bagasi.

Kabut asap di KLIA2 saat kami mendarat.

Kami mendarat lebih cepat 20 menit dari estimasi awal penerbangan. Setelah bagasi kita ambil, kami berdua pergi ke konter penjualan tiket bus ke Singapura dulu untuk beli tiket bus. Setelah melihat jadwal busnya, kita memutuskan untuk beli tket bus yang paling malam aja agar sampai di Singapura keesokan paginya. Soalnya kalau dipaksa naik bus siang atau sore ini, kami bakal kemalaman sampai Singapura dan ga kan keburu ngejar feri untuk ke Batam. Perjalanan bus dari KLIA2 ke Singapura kurang lebih 6-7 jam. Karena mesti melewati 2 imigrasi Malaysia dan Singapura. Makanya lebih baik ambil bus malam aja. Jadi nyampe Singapura pagi dan langsung ke harbourfront buat naik feri ke Batam. Kami beli tiket bus starmart yang jam 23.30 seharga RM60 perorang. Jadi tiket bus ke Singapura dari Malaysia, jauh lebih murah dibanding tiket bus dari Singapura ke Malaysia karena mesti dibeli pake Dollar Singapura. Tiket bus uda ditangan kita lanjut buat makan di foodcourt bandara. Karena uda laper banget belum makan siang. Kita berdua langsung menuju foodcourt buat makan siang.

Tempat pembelian tiket bus di lantai dasar bandara KLIA2.

Foodcourt ini memang uda jadi incaran saya sejak kita mau berangkat ke Seoul sebelumnya. Karena ada banyak stan makanan yang menarik perhatian kami disana. Setelah melihat-lihat, akhirnya saya pesan mie hotplate dan Bang Tomi memesan nasi briyani. Selesai makan kami berdua kepengen minum bublle tea. Untung ada Gong Cha dilantai 1 KLIA2. Jadinya kita pun mampir disini buat beli bubble tea. Ga terasa uda magrib aja. Selesai solat, kami habiskan waktu berduaan di ruang tunggu terminal bus KLIA2. Quality time banget kita berdua disini, bercerita banyak hal, tertawa dan ga hentinya bercanda. Saya sampai ga berhenti tertawa karena ulah Bang Tomi.

Mie hotplate pesanan saya di foodcourt KLIA2.

Ruang tunggu terminal bus di KLIA2.

Ga jauh dari tempat kami duduk, ada nursery room, jadi ada air panas. Saya sempatin bikin teh hangat sebelum berangkat naik bus malam ini, biar ga masuk angin. Jam 23.15 bus kami pun datang dan kami pun berangkat ke Singapura. Bus Starmart ini jauh lebih bagus dari bus Yoyo yang saya naiki dari Johor sebelumnya. Bus Starmart kursinya selain lebih besar, juga ada fasilitas pijitnya. Jadi selama perjalanan tinggal tekan tombol disamping, kita bisa dipijit oleh kursinya he..he.. Karena kecapaian kita berdua tidur pulas. Kebangun hanya karena mesti masuk imigrasi di Johor Bahru dan Singapura. Karena waktu itu senin pagi jadinya antrilah buat masuk imigrasi Singapura dari Johor. Ga cuma pekerja yang kita lihat mengantri subuh itu, tapi juga anak sekolah SD, SMP, SMA. Wah-wah baru tau kalau ada anak sekolah yang bersekolah di Singapura tapi tinggal di Johor, ga kebayang deh mesti berangkat subuh dan bawa paspor segala cuma buat sekolah. Tapi mereka tampak sudah terbiasa dan bersemangat. Mungkin demi pendidikan yang lebih baik.

Sekitar jam 7 pagi kami baru sampai di pemberhentian bus di Singapura. Kami langsung menuju stasiun MRT terdekat. Kami naik MRT menuju harbourfront untuk naik feri pagi ini ke Batam. Sampai di pelabuhan harbourfront jam 8.30 dan dapat feri jam 9.00 ke Batam. Alhamdulillah semua dilanjarkan, dan sekitar jam 09.20 pagi kami tiba di Batam.

Hasil pengamatan saya selama seminggu di Korea adalah :
  1. Orang Korea rata-rata ramah dan baik kepada Turis, terutama jika kita bertanya arah, mereka pasti akan berupaya membantu. Walau terkadang bahasa menjadi kendala, tapi mereka tetap berusaha membantu kita.
  2. Makanan khas Korea rata-rata enak dan rasa pedasnya cocok dengan lidah orang Indonesia.
  3. Orang tua di Korea sangat perhatian dan mencintai anak-anak mereka.
  4. Wanita Korea akan berdandan habis-habisan saat masih gadis (jarang kita melihat gadis Korea yang tidak memakai lipstik atau dandan), tapi setelah mereka menikah dan menjadi seorang ibu mereka sepertinya tidak lagi berdandan he..he.. Itu membuktikan rasa cinta & semua perhatian mereka hanya kepada anak-anaknya.
  5. Para pria di Korea sangat romantis, mereka tidak ragu memakai baju yang sama dengan pasangannya. Sampai mau memakai bando bermacam bentuk feminim di Everland untuk menyenangkan hati pasangannya.
  6. Para pria di Korea sangat menjaga penampilan mereka, baik muda maupun tua.

10 komentar:

  1. haiii, kak chichi..
    isi blog tentang korea nya bagus banget.. terperinci, bakal jadi panduan saya buat nanti kekorea..
    rencana saya maret ini bakal ke korea bareng keluarga..
    bole nanya perkiraan biaya pas kemarin kakak dan suami kekorea? total habis berapa? thanks sebelumnya ^.^

    BalasHapus
  2. email saya janosari91@gmail.com .. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Jano Sari.. Terima kasih atas feedbacknya, senang rasanya bisa berbagi informasi. Saya sebenarnya uda lupa-lupa ingat habis berapa buat ke Korea, nanti saya lihat lagi catatannya, mudah-mudahan masih ada. Nanti saya email ya berapa biayanya.

      Hapus
  3. terima kasih, blognya lengkap dan terperinci^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nurlita.. Terima kasih kembali atas feedbacknya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. eon. tolong email ke aku dong tentang perincian harga masuk ke tempat2 wisatanya sama harga tiket bus dan subwaynya. makasih eon
    email aku: syifariskinurlita@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dibaca blognya dengan teliti dari awal hingga akhir, info harga tiket masuk dan transportasi sebagian besar dijelaskan diblog..Buat rangkuman sendiri dari info yang didapat. Yuk jangan malas, demi jalan2 hemat ke Korea.. 😊

      Hapus
  5. Hai kak, td iseng2 nyari ttg traveling ke korea trs ketemu blog ini. Asli seneng banget baca2 cerita dr day 1 di Korea, lengkap bgt dan yg pasti bikin makin pgn kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hanastashya..wah senangnya baca komen seperti ini, merasa bisa berbagi manfaat dan pengalaman dengan orang lain he..he..makasih uda baca blog nya ya..saya doakan semoga segera terwujud trip ke Korea nya.Amin YRA..

      Hapus
  6. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau sy ke bohongan sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama atau jalan sesat. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang.

    BalasHapus

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Wisata Negara Balkan Seindah Itu.

  Kotor Bay - Montenegro. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya baru saja kembali dari trip beberapa negara di Eropa. Pada trip kali i...