Kamis, 05 Oktober 2023

Persiapan Sebelum Berangkat UK Trip 2023.

 

London.

Setelah menunggu kurang lebih 2 minggu lebih, kami berdua tiba-tiba mendapat email dari pihak VFS yang menyatakan bahwa paspor kita berdua sudah bisa diambil di kantor VFS Kuningan City. Jujur ga nyangka prosesnya secepat itu. Tapi tetap deg-degan karna kita ga tau apakah pengajuan Visa kami ditolak atau diterima. Posisi saat itu lagi diluar kota. Jadi kami ga bisa langsung ambil ke kantor VFS Jakarta. Sampai dapat email berikutnya dengan isi yang sama. 

Setelah sampai di Jakarta kita berdua langsung ambil paspor ke VFS dengan membawa kertas untuk pengambilan paspor yang diberikan saat pengambilan data biometric sebelumnya. Proses pengambilan paspornya cukup mudah dan singkat. Diawal seperti biasa dicek dulu kertasnya oleh security-nya, lalu dipersilakan masuk dan diberikan no antrian untuk pengambilan paspor. Ketika nomor kita disebutkan tinggal kasi kertas pengambilan paspor dan paspor kita akan diberikan dalam amplop tertutup. 

Di sana juga kita buka amplop nya untuk ngecek apakah Visa UK kita diterima atau ditolak. Alhamdulillah, visa kita berdua diterima guys. Sudah tertempel dengan manis kertas Visa UK nya di dalam paspor kita masing-masing. Jangan lupa cek semua data di kertas Visa UK tersebut apakah sudah sesuai dan tidak terjadi kesalahan. Kalau sudah sesuai semua baru lega rasanya. Karna kalau ternyata ada kesalahan kita bisa proses lagi buat diperbaiki. Alhamdulillah, kami dapat Visa UK multiple entry selama 6 bulan terhitung dari bulan September 2023. Mantap nih UK kasi Visa nya sesuai dengan bulan keberangkatan kita jadi walau Visa kita diapprove di bulan Juni, tapi Visanya berlaku pas kita akan berangkat. Jadi ga rugi waktu guys.

Kantor VFS Global Jakarta di Kuningan City Mall.

Happy banget pas tau Visa kita di-approve.

Foto-foto dulu di sini.

Suami dari kantor nih, untung kantornya dekat dari sini.

Setelah Visa UK ditangan, baru saya mengatur itinerary secara detail dan serius. Termasuk hotel dan penginapan yang akan kami tinggali selama di sana. Beberapa hotel saya ganti dan sesuaikan dengan perjalanan kita. Ada hotel yang sudah langsung saya book karna dapat harga cukup murah saat itu. Untuk hotel dan penginapan trip kali ini saya memutuskan untuk memilih yang di pusat kota. Agar gampang kemana-mana dan biaya transportasi juga tidak membengkak. Cuma resikonya hotel ditengah kota itu mesti di-book jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar dan harganya juga ga murah he..he..

Mulai hunting tiket bus dan kereta untuk perjalanan pindah kota dan negara secara online. Setelah membandingkan ternyata lebih murah naik bus kalau di UK dibanding naik kereta, jadinya kami banyak beli tiket bus untuk pindah kota dan negara. Perbandingannya misal dari London ke Cardiff naik bus tiketnya cuma £4-6 saja one way perorang, nah kalau dengan kereta tiketnya bisa £30 per-orang. Jauh banget kan bedanya. Ga lupa untuk perjalanan yang jauh dan lama kita siasati dengan bus malam, jadi hemat biaya penginapan hotel 1 malam. Ini kami lakukan untuk perjalanan dari London ke Edinburgh. Tapi tidak semua transportasi kita pakai bus, ada juga yang pakai kereta. Salah satunya dari Manchester ke Liverpool kita naik kereta karna cukup murah sekitar £3-4 perorang one way.

Old Trafford Stadion.

Manchester

Setelah tiket-tiket bus dan kereta di tangan. Lanjut kita book tiket masuk tempat-tempat wisata yang ingin kita kunjungi. Terutama tempat-tempat yang tiketnya cepat sekali habis. Seperti Warner Bross Studio Harry Potter Film Making Tour London. Tiket masuk Sky Garden dan tiket masuk museum-museum yang ada di London. Sebenarnya Bang Tomi suamiku ingin sekali menonton bola secara langsung ketika kami UK Trip nanti, tapi ternyata tiket nonton bola ini hanya bisa dibeli jika kita jadi member klub bola nya selama 1 tahun. Biaya membernya cukup mahal. Alhasil kita ga jadi beli tiket nonton bola-nya. Nanti saja pas trip berikutnya mungkin bisa nonton di Madrid sekalian di klub kesayangan Bang Tomi. Dulu ke Madrid kan baru stadion tour nya aja. Next mudah-mudahan bisa nonton bola langsung di sana. Aamiin YRA.

Sky Garden.

Setelah tiket-tiket wisata kita dapatkan. Saatnya cek cuaca dan suhu ketika kita UK trip nanti. Fungsinya biar ga saltum alias salah kostum he..he.. Jadi kita packing baju memang sesuai dengan yang dibutuhkan agar ga kedinginan or kepanasan. Dan ootd selama disana tetap kece pastinya he..he.. Trus yang ga kalah penting persiapan bekal dan obat-obatan untuk UK Trip ini. Maklum kita ga tau apa yang bakal terjadi, apakah tubuh ini bakal sehat-sehat saja sepanjang perjalanan atau tidak. Nah untuk bekal saya bawa rendang, dendeng dan orek tempe guys. Kalau yang uda follow IG @chi2min dan baca blog saya dari lama pasti tau saya suka bawa rice cooker travelling kalo lagi trip gini. Jadi masak nasi dan bawa bekal rendang itu uda biasa.

Hal-hal lain yang juga penting selama UK trip adalah payung dan jas hujan guys. Maklum cuaca di UK tu kan sering banget hujan, jadi mending bawa payung dan jas hujan dari Indo daripada beli di sana. Sama satu hal lagi yang ga kalah penting adalah bawa modem dari Javamifi. Agar internetan lancar selama saya di UK dan ga jadi fakir wifi pastinya he..he.. Jadi sebelum berangkat saya pesan dulu modem Javamifi nya, agar nanti ketika akan berangkat tinggal ambil modem nya di booth Javamifi yang ada di terminal 3 keberangkatan bandara Soekarno Hatta. Kalau teman-teman tidak punya waktu ambil di booth Javamifi juga ga masalah, bisa minta kirim modemnya ke alamat teman-teman atau ke Indomaret terdekat dengan lokasi kalian guys. Segampang itu kalau pesan modem internet internasional dari Javamifi.

Penting banget  bawa modem dari Javamifi kalau lagi travelling ke luar negeri.

Oya buat yang kerja tentu persiapan lainnya adalah meminta cuti dari kantor he..he.. Alhamdulillah, cuti Bang Tomi aman dan diapprove sama bos nya sejak lama. Bersyukur Bang Tomi dapat teman-teman dan atasan yang baik di kantornya. Kalo ada yang nanya, ga tukar uang ci, di money changer? Jawabannya ga sama sekali ya guys. Karna kebetulan teman kantor Bang Tomi ada yang baru balik dari UK, dia melarang kita bawa cash ke sana karna rata-rata di sana cashless. Trus baiknya lagi, sisa uang Pounds yang dia punya, dia kasi pinjam ke kita. Jadi kita tetap bawa cash yang dari dia, tapi ga kepake ternyata selama di sana. Karna semua transaksi kita pakai kartu kredit. Makasih banyak ya Mas Kevin uda pinjamin uang Pounds nya ke kita.

Buat teman-teman yang mau bawa cash pastikan bawa uangnya yang masih berlaku ya guys.

Terakhir dan ga kalah penting adalah pastikan kartu kredit kalian uda bisa transaksi contactless alias tap & go ya guys. Artinya cuma ditempel saja ke mesin pembayaran, transaksi berhasil. Tanpa perlu gesek dan masukkan data pin. Ini berguna banget untuk naik turun tube (metro/mrt), bus, belanja dll selama di UK. Paling penting banget untuk naik tube dan bus selama di London daripada beli kartu Oyster baru lagi. Mending bayarnya pake kartu kredit contactless, lebih murah jadinya karna ga perlu beli kartu-kartu lagi selama di sana. Dan sistem transportasi di London itu jika pakai kartu kredit contactless akan flat di harga sekitar £8 sehari, sebanyak apapun kita naik turun tube or bus di London. Jadi ketika tarif transaksi kita naik tube dan bus di London sudah sampai £8 maka tidak akan di-charge lagi kartu kredit kita. Asal kita naik dan turun tube or bus nya menggunakan tap kartu yang sama terus ya guys. Karna kita berdua, jadi kartu kredit kita juga ada 2 dan contactless dua-duanya. Jadi masing-masing pegang kartu kreditnya untuk naik bus dan tube selama di London dan kota-kota lainnya.

London Tube.

Kira-kira itulah persiapan yang saya lakukan beberapa bulan sebelum keberangkatan kami keliling UK. Kami menghitung hari keberangkatan dengan harap dan cemas. Sampai akhirnya hari yang kami tunggu-tunggu datang juga. Tanggal 14 September 2023 lalu kami bertolak ke London dan memulai perjalanan keliling UK ini berdua. Mau tau bagaimana keseruan perjalanan kami ke UK ini. Ikuti terus blog saya ini ya guys dan jangan lupa follow juga saya di Instagram @chi2min agar bisa dapat info update tentang perjalanan-perjalanan saya berikut nya..🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 6 UK Trip 2023 - Edinburgh.

  Dean Village. Tanpa kita sadar uda masuk hari ke-6 perjalanan kami pada UK Trip kali ini, dan masuk hari kedua di Edinburgh. Hari ini kita...