Rabu, 02 Januari 2019

Keliling Amerika Serikat 2018 - USA Autumn Trip Day 11.

Horseshoe bend.

Ga terasa uda 11 hari saja kami menjalani USA Trip ini. Hari ini adalah hari yang saya nantikan karena hari ini kami bakal ke tempat yang sangat unik dan cantik. Tujuan utama kami ke Las Vegas memang untuk ikut paket tour ke tempat cantik ini. Jika kebanyakan orang Indonesia ikut tour ke Grand Canyon dari Las Vegas, saya memilih untuk ke tempat lain yang lebih keren menurut saya yaitu Antelope Canyon.

Saya tau tempat ini dari sebuah blog beberapa bulan sebelum berangkat dan langsung jatuh cinta setelah melihat fotonya. Berawal dari baca-baca blog akhirnya dapat info bagaimana untuk bisa kesini. Kami memesan paket tour ke Antelope Canyon ini dari tours4fun. Antelope Canyon sendiri terbagi atas 2 area yaitu Upper Antelope Canyon dan Lower Antelope Canyon. Keduanya sama-sama cantik tapi paket tour ke Lower Antelope Canyon lebih murah dan lebih menantang dari pada Upper Antelope Canyon.

Antelope Canyon.

Penulis di antelope canyon he..he..

Sandstone.

Sebagai anak muda yang fit dan suka tantangan, kami tentu memilih yang murah ke Lower Antelope Canyon he..he.. Selain faktor harga, berdasarkan info yang kami dapat, pengunjung Lower Antelope Canyon tidak seramai Upper Antelope Canyon. Karena medan untuk menuju bagian Lower memang lebih berbahaya dan curam dibanding bagian Upper. Pantas saat ikut tour ini peserta yang ke Upper Antelope Canyon kebanyakan kakek nenek dari China. Sedangkan yang ke Lower Antelope Canyon cuma kami berdua he..he.. Oke, cerita detailnya kita mulai dibawah ini ya.

Pagi itu pagi-pagi sekali kami sudah bangun dan bersiap-siap untuk check out dan menitipkan koper di luggage room hotel. Kenapa kami sudah check out, karena nanti malam kami sudah harus ke bandara lagi dan overnight di bandara. Pesawat kami ke San Francisco yang mestinya jam 10 pagi di majukan jadi berangkat subuh. Sehingga mau ga mau mesti sudah dibandara sejak dini hari, dari pada rugi bayar hotel 1 malam, jadi mending overnight di bandara aja deh. Untungnya pemberitahuan ini sudah dikirim via email jauh-jauh hari, jadi kami masih sempat mengganti bookingan hotel dari 2 malam menjadi 1 malam saja. Proses check out dan titip koper berjalan cepat dan lancar.

Jam 6 pagi tour guide akan menjemput kami di lobby Excalibur hotel. Sehingga sebelum jam 6 kami sudah stand-by di lobby hotel. Ga butuh waktu lama, tour guide yang kami tunggu sudah datang bersama minivan-nya, selain kami, ada 2 orang lain (sepasang suami istri dari Vietnam) yang ikut dijemput pagi itu dari hotel Excalibur. Selanjutnya minivan kami masih menjemput beberapa peserta tour lainnya di hotel yang berbeda. Kami kira tour ini akan langsung jalan dengan minivan yang kami tumpangi, ternyata kami salah karena minivan hanya jadi mobil penjemput saja. Sedangkan tour-nya sendiri menggunakan bus yang cukup besar he..he..

Bus yang membawa kami ke Antelope Canyon.

Supir bus sekaligus guide selama perjalanan.

Saat kami tiba didalam bus, kondisi bus sudah hampir penuh dan didominasi dengan turis asal China. Sepertinya cuma kami dan pasangan dari Vietnam yang bukan orang China he..he.. Dilihat sekilas kebanyakan peserta tour dari China ini sudah berumur alias paruh baya, tapi masih pada semangat jalan-jalan..mantap.. Dari Las Vegas bus langsung tancap gas menuju Antelope Canyon yang bakal ditempuh sekitar 5 jam. Dalam perjalanan ini kami 1 kali berhenti untuk ke toilet dan minimarket. Jadi dilarang banyak minum, biar ga beser he..he.. Kebanyakan penumpang memilih untuk tidur sepanjang perjalanan, termasuk kami berdua.

Lepas dari pemberhentian untuk ke toilet, view yang kami lihat di jendela bus sudah berbeda. Kebanyakan view-nya didominasi dengan perbukitan merah khas area gurun Amerika. Guide kami pun beberapa kali menjelaskan tempat-tempat yang kami lewati. Oya untuk ikut tour di bulan November ini, jangan sampai salah kostum kayak Bang Tomi ya, dia kira suhu udara menuju area Canyon ini bakal panas, jadinya Bang Tomi pun ga pakai jaket sama sekali, cuma kaus ber-krah doang. Jadinya kedinginan sepanjang perjalanan, karena memang dingin suhunya kalau pagi. Untung saya pakai jaket jadi hangat karena memang saya paling ga kuat dingin. Si Abang mah lebih kuat dari saya kalau urusan suhu dingin, jadinya walau dingin dia bilang gpp enak kok he..he..

Mulai memasuki daerah canyon.

Bukit merah.

Ini bagian dari taman nasional di USA.

Berasa lagi di lokasi film koboi.

Ga terasa sudah hampir 5 jam kami diatas bus dan sebentar lagi tiba di Antelope Canyon. Guide menjelaskan ada sekitar 20-an peserta tour, hampir semuanya ke Upper Antelope Canyon dan hanya 2 orang (yaitu kita berdua) yang tujuannya ke Lower Antelope Canyon he..he.. Kedua canyon ini terletak berdekatan dan kami terlebih dahulu men-drop peserta tour Upper Antelope Canyon. Baru setelahnya kami berdua diantar ke area Lower Antelope Canyon. Sebelum turun dan mengikuti tour ini, setiap peserta diminta untuk tidak membawa tas atau barang bawaan apa pun selain kamera dan handphone. Karena ini memang sudah prosedur untuk mengikuti tour ini. Alhasil semua tas dan barang bawaan ditinggal di atas bus. Kalau moneybelt masih bisa dipakai didalam baju ya teman-teman jadi bisa aman.

Tour ke Upper Antelope Canyon.

Setibanya di area tour Lower Antelope Canyon, kami diberi tiket masuk dan penjelasan singkat oleh guide kami. Bahwa nanti disini kami akan ikut tour bersama peserta lain dan bakal dipandu oleh pemandu lokal yang merupakan keturunan suku indian asli yang hidup dan tinggal disini. Masih ada waktu sekitar 10 menit sebelum tour kami ke Lower Antelope Canyon dimulai jadinya kita foto-foto dulu di area ini.

Peta Antelope Canyon.

Patung suku indian yang menempati wilayah ini.

Meeting point untuk Lower Antelope Canyon.

Ada kafe juga disini.

Setelah 10 menit berlalu kami pun berkumpul dengan peserta tour lainnya di area pintu masuk. Disini kami dibagi atas beberapa kelompok yang terdiri dari 12-14 orang dan memulai tour Lower Antelope Canyon. Perjalanan dimulai dengan berjalan kaki ke mulut lembah Antelope. Kami semua semangat dan berjalan mengikuti tour guide kami yang masih muda dan lumayan cakep ini sambil mendengar penjelasannya mengenai Antelope Canyon he..he..

Setibanya di mulut lembah, kita harus menuruni tangga yang cukup curam. Disini kita mesti sangat hati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh. Pantes banyak yang memilih bagian Upper karena bagian Lower memang lebih berbahaya dan curam untuk masuk ke lembahnya. Baru masuk saja kita langsung terkesima dengan tempat ini. Sungguh unik dan cantik, dinding lembah bagai dilukis dengan kuas berwarna orange. Saya pikir dinding yang terbentuk dari tanah ini bakal rapuh, ternyata setelah dipegang malah keras seperti batu. Pantas sekali tempat ini dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban alam di dunia.

Tangga menuju Lower Antelope Canyon.

Mulut gua memasuki lembah antelope canyon.

Kami lalu diajak memasuki lembah dan menyusuri setiap jengkal Lower Antelope Canyon ini. Beberapa kali tour guide kami berhenti dan menjelaskan spot-spot menarik yang bisa kami lihat disini. Ada sandstone yang berbentuk seperti kepala singa, kepala ikan hiu dan lain sebagainya. Kami juga diberi kesempatan untuk berfoto di spot-spot andalan yang cantik dengan latar yang super duper keren.

Menyusuri lorong lembah yang sempit.

Sandstone menyerupai kepala singa.
Hati-hati kejedot.

Fotografer andalan.

Ini cuma pakai kamera HP lho.

Cakep bener.
Our moment.

Kepala hiu yang lagi senyum he..he..

Kami bersyukur karena tour disini diatur sedemikian rupa sehingga group-group kecil yang ikut tour ini tidak dibiarkan menumpuk pada 1 tempat, sehingga setiap peserta tour bisa leluasa mengambil foto ataupun mengeksplore Lower Antelope Canyon. Jadi ada jarak antara group 1 dengan group lainnya. Dan syukurnya lagi cuaca hari itu cerah dan sangat mendukung perjalanan kami. Oiya ada tips untuk ke Antelope Canyon ini kamera mesti di setting pada ISO 200 dan WB 6500k agar menghasilkan gambar yang oke punya.

Ini baru dengan camera mirorless.

Love u more.

Foto-foto berdua difotoin sama tour guide nya.

Ga nyangka bisa sampai sini.

Traveler.

Stop..foto dulu kata Bang Tomi he.he..

Tanah disini kaya mineral.

Kayak wajah cewek.

Super husband.

Tour Lower Antelope Canyon ini berlangsung sekitar 45-60 menit tapi sungguh tidak terasa karena kami sangat menikmati pemandangan yang ada. Setelah tour usai, jangan lupa memberi tips ke tour guide yang tadi sudah setia memandu kita. Kami juga tak lupa foto bareng dengan si tour guide ganteng ini he..he..

Mencari celah.
Proses keluar juga licin dan mesti hati-hati.

Di bagian atas Antelope Canyon.

Happy.

Si guide kami yang ganteng he..he..

Si Abang juga happy.

Foto-foto dulu disini katanya.

We did it.

Selesai mengikuti tour Lower Antelope Canyon kami kemudian dijemput lagi oleh tour guide pertama kami yaitu si supir bus keturunan China he..he.. Dari Antelope Canyon kami lalu diajak ke area restoran untuk makan siang. Kita bisa memilih ingin makan siang apa disini. Ada chinese food dan ada juga fast food seperti burger king dan sejenisnya.

Bye, lower antelope canyon.

Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu Horseshoe Bend. Yaitu lembah yang berbentuk seperti tapal kuda. Untuk mencapai destinasi ini, kami mesti jalan kaki lumayan jauh dari tempat pemberhentian bus. Saat menuju kesana sih enak karena jalanannya menuruni bukit, jadi ga berasa capek. Tapi pas baliknya lumayan bikin gempor dan ngos-ngosan karena mesti menaiki bukit dengan jarak cukup jauh ha..ha..

Pas ke Horseshoe Bend jalanannya menurun.

Masih jauh kesananya lagi.

Masih semangat he..he..

Pas tiba di Horseshoe Bend kami melihat sudah banyak turis yang berada disana. Kami pun langsung mencari spot untuk foto-foto keren. Tapi mesti hati-hati selama berada disini, karena lembah ini tidak diberi pembatas apa pun, jika tidak berhati-hati kita bisa saja jatuh ke lembah yang dalam ini.

Horseshoe bend.

Hati-hati jatuh buk.

Kapan lagi bisa foto dengan latar seperti ini.

MasyaAllah..

Alhamdulillah..

Dance with me.

Jempol dari bang Tomi.

Gayamu Pak..he..he..

Selama disini kami beberapa kalo berjumpa dengan peserta tour yang satu bus dengan kami. Termasuk dengan pasangan dari Vietnam itu, kami malah saling mem-fotokan saat berada di Horseshoe Bend. Cuaca siang itu cukup terik. Orang-orang sih sudah pakai baju mini semua, saya aja yang masih betah pakai jaket. Tapi jaket itu ga bertahan lama, karena saat perjalanan balik ke parkiran bus saya keringatan karna jalan nanjak bukit dan alhasil jaketnya dilepas juga ha..ha..

Difotoin pasangan dari Vietnam.

Ngeri-ngeri sedap.

Cool.

Ramai juga turis siang itu.

Jaket dilepas karena kepanasan ha..ha..

Setelah puas menikmati pemandangan Horseshoe Bend bus tour kami pun kembali ke Las Vegas. Perjalanan pulang ini cukup jauh dan memakan waktu 5 jam perjalanan. Kebanyakan dari kami pun tidur sepanjang perjalanan pulang ini karena kecapean. Sekitar jam 8 malam kami tiba kembali ke Las Vegas dan diantar ke hotel masing-masing.

Melewati ini saat balik ke Las Vegas.

View saat pulang.

Sunset.

Setibanya di hotel kami lalu mengambil koper di lugage room dan mencari halte bus menuju bandara Las Vegas (LAS). Ternyata halte untuk menunggu bus umum ke bandara letaknya didepan hotel Tropicana yang persis berhadapan dengan Excalibur Hotel. Bus umum yang kami tunggu adalah bus WAX, tarifnya cuma $2 perorang dan langsung mengantar kita menuju bandara LAS. Ada kejadian yang rada seram pas nunggu bus di halte ini, yaitu ada seorang gelandangan yang ganggu kami. Tapi kita pura-pura ga dengar dan ga ngerti aja. Lagian halte kondisinya cukup ramai jadinya kalau terjadi apa-apa pasti banyak yang nolongin *positive thingking.

Cukup lama kami menunggu bus WAX ini, saya dan beberapa penumpang lain sudah gelisah saking lamanya kami menunggu. Apalagi ada 1 gelandangan yang nongkrong juga di halte bareng kami. Tapi untungnya malah bus si gelandangan yang datang duluan, jadi dia pergi naik bus itu. Kita rada aneh juga di Amrik ini gelandangan boleh naik bus umum lho, dan ga dilarang sama supirnya. Ga tau deh mereka bayar pa ga.

Setelah cukup lama barulah bus WAX nya datang. Kami pun naik dan ga lama tiba di LAS. Kami diantar ke terminal sesuai pesawat kami yaitu Alaska Air. Disini kami pun mencari tempat untuk istirahat dan menunggu counter check in buka dini hari nanti. Hari yang melelahkan tapi juga paling berkesan sepanjang trip ini. Karena Alhamdulillah top list saya ke USA ini terpenuhi yaitu mengunjungi Antelope Canyon. Next saya bakal cerita perjalanan kami di kota berikutnya yaitu San Francisco. Terus ikuti dan semoga bermanfaat..😉😊