Senin, 03 Oktober 2022

Persyaratan Membuat Visa Australia Secara Online 2022.

Melbourne-Australia.

Teman-teman terutama yg follow saya di Instagram @Chi2min, pasti sudah tau kalau bulan Agustus lalu, saya akhirnya ke luar negeri lagi, setelah lebih 2 tahun tidak traveling ke luar negeri. Negara yang saya tuju adalah Australia. Karna negara ini uda open border setelah sekian lama lockdown. Sebenarnya perjalanan ke sini sedikit maju mundur niatnya. Karna memang tujuan utama ke sini adalah menemani mama untuk berkunjung melihat kakak saya sekeluarga yang sudah 3 tahun tinggal di Melbourne. Karna pendemi kami belum ada satu pun yang mengunjungi mereka dari Indonesia dan belum pernah berjumpa sejak pandemi melanda.

Akhirnya setelah proses tarik ulur, dan pertimbangan yang matang, akhirnya mama membulatkan tekad untuk berangkat dan ini pun sudah mendapat ijin dan support dari papa. Kenapa agak sulit buat kami memutuskan pergi, karna papa kondisinya tidak sehat dan tidak sekuat dulu jika ditinggal apalagi diajak ikut ke Melbourne. Masih ingat banget tiba-tiba mama telpon di bulan April (pas bulan puasa), lalu bilang "Chi, tolong carikan tiket ke Melbourne, Chichi atur aja nanti baiknya tanggal berapa dan urus visanya". Begitu kira-kira obrolan kami.

Jadilah hunting tiket dari Jakarta-Melbourne bulan April itu, cek-cek ternyata untuk keberangkatan bulan Agustus lumayan ada tiket promo Singapore Airlines (SQ). Saya otak atik tanggal dan dapat harga promo SQ ini sekitar 6.5jt-an pulang pergi Jakarta - Melbourne dengan rute transit di Singapura beberapa jam. Ini bisa dibilang harga tiket murah karna maskapainya SQ yang termasuk dalam salah satu maskapai full boarding terbaik dunia. Kenapa bisa saya dapat harga semurah itu, karna hunting guys tengah malam. Dan pas pula SQ baru saja mulai aktif kembali terbang ke Australia setelah sekian lama vakum akibat pandemi dan lockdown.

Akhirnya check in penerbangan internasional lagi kita guys.

Ini foto pas mau berangkat sehabis check in.

Boarding pass.

Tiket PP sudah ditangan. Permasalahan tidak sampai di sini saja. Tentu mesti mikir buat bikin visa nya agar diapprove/granted ya guys ya. Kalo traveling semudah cuma dapetin tiket murah tanpa visa mah, uda banyak kali orang-orang yang berlibur or jalan-jalan ke negara-negara maju ini he..he.. Soalnya masih banyak banget follower di Instagram or media sosial lainnya yang naif berpikir dengan tiket murah bisa jalan-jalan keliling dunia. Tidak semudah itu kawan, yang bikin tidak banyak orang Indonesia bisa traveling keliling dunia itu salah satunya karna visa. Sebagai WNI kita masih butuh visa ke banyak negara maju. Karna negara kita juga menerapkan visa ke banyak warga negara lain jika berkunjung ke sini. Jadilah ini menjadi syarat dan tantangan tersendiri untuk bisa traveling kemana-mana.

Happy tiba di Melbourne.

Australia menjadi salah satu negara yang membuat visanya gampang-gampang susah menurut saya. Gampang karna kita tidak perlu pergi kemana dan tidak perlu meninggalkan paspor di kedutaan untuk proses pembuatan visa. Karna semua prosesnya bisa dilakukan secara online. Susahnya karna semua dilakukan secara online, (dulunya masih ada agen VFS yang kerjasama untuk pembuatan visa Australia) jadi kita benar-benar tidak ada tempat untuk bertanya mengenai hal ini.

Jadilah berbekal Bismillah saya mulai mencoba apply visa Australia ini di bulan Mei, karna menghitung tanggal perjalanan dan memang biasanya proses aplikasi visa baru bisa dibuat 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Masih ingat banget apply visa nya masih disuasana lebaran bulan Mei lalu. Disaat orang-orang sibuk mikirin lebaran, saya mesti sibuk juga mikirin persiapan buat apply visa he..he..

Berikut dokumen-dokumen yang saya siapkan sebagai persyaratan dalam aplikasi pembuatan visa turis/kunjungan Australia subclass 600 :

• Invitation letter atau surat undangan dari Kakak saya yang sedang sekolah S3 di Melbourne. Kebetulan memang kan niat ke Australia nya adalah mengunjungi mereka sekeluarga. Tapi buat yang teman-teman yang cuma wisata tanpa ada keluarga di sana bisa di-skip dokumen ini. Tapi kalau ada dokumen ini sangat menguatkan.
• Softcopy Pas foto 4×6 dengan backgroud putih.
• Softcopy Kartu Keluarga.
• Softcopy KTP.
• Scan Paspor beserta isi visa dan history perjalanan sebelumnya.
• Itinerary.
• Rekening koran 3 bulan terakhir.
• Surat referensi Bank
• Tiket pesawat (tidak wajib).
• Alamat tinggal selama di Australia (bookingan hotel).
• Surat keterangan kerja, kalau ibu rumah tangga bisa pakai punya suami.
• Slip gaji 3 bulan terakhir (suami).
• Softcopy buku nikah.
• Surat ijin dari suami karna suami tidak ikut.
• Softcopy KTP suami (karna pakai surat keterangan kerja suami dan slip gaji suami).
• Dana untuk biaya visa sebesar 150 Dollar Australia.

Pas foto untuk visa yang sengaja saya buat di sebuah studio foto saat mudik ke Padang.

Untuk visa mama, juga pastinya diriku sibuk buat siapin dokumennya. Hampir sama dengan dokumen-dokumen diatas. Setelah semua dokumen siap, barulah saya mencoba apply visa Australia subclass 600 ini secara online. Tinggal buka website kedutaan Australia, lalu pilih atau klik subclass 600 Visa Kunjungan - Wisata.

Seperti ini tampilan website nya.

Nanti kita akan masuk ke website immi (Australian Government Department of Home Affairs). Nah di sini kita akan bisa membaca persentase aplikasi visa Australia yang diapprove berdasarkan waktu proses nya dan biaya visa yang mesti disiapkan yaitu 150 AUD.  Juga ada info tentang syarat untuk visa Australia ini seperti punya uang yang cukup dengan bukti rekening koran 3 bulan terakhir dan dicek juga eligibilas kita lainnya apakah pantas mendapatkan visa turis atau tidak.

Halaman website Immi yang kita lihat nanti setelah memilih visa turis.

Jika semua syarat dokumen lengkap dan kita merasa pantas mendapatkan visa tinggal klik tombol apply. Lalu kita akan masuk ke halaman berikutnya dimana di halaman ini kita akan diminta untuk membuat akun Immi baru. Tinggal ikuti langkah-langkahnya sampai akun Immi kita terbentuk.

Buat akun Immi untuk aplikasi visa di halaman ini.

Lalu kembali ke halaman ini untuk login dengan akun yang telah kita buat. Lalu ikuti semua langkah pengisian form aplikasi visanya. Isi form sesuai dengan data kita yang sebenar-benarnya ya guys. Nanti di halaman terakhir kita akan diminta untuk upload semua softcopy dokumen-dokumen yang sudah kita persiapkan sebelumnya.

Klik continue.

Ikuti langkah-langkah untuk aplly visa nya sesuai data kita.


Lalu setelah semua proses selesai dan kita yakin dengan semua data serta dokumen yang kita masukkan, maka lanjut ke halaman pembayaran visa. Kemaren saya membayar aplikasi visa ini dengan kartu kredit, waktu itu biayanya masih sekitar 145 AUD. Sekarang memang naik sedikit.

Nah yang bikin stress setelah submit aplikasi visa adalah menunggu hasil visa nya keluar. Bagaimana ga stress karna ternyata setelah Australia open border, jumlah aplikasi visa yang masuk ke Immi itu benar-benar luar biasa banyaknya. Sehingga kita mesti sabar menunggu hasil visanya keluar sampai berbulan-bulan. Dan tidak sedikit orang-orang yang visanya ditolak, atau gagal berangkat karna tiketnya hangus sedangkan hasil visa belum juga keluar.

Saya sampai hopeless karna berpikir bisa jadi visa nya ditolak atau tiket promo SQ ini hangus akibat visa Australia saya belum juga keluar sebelum tanggal keberangkatan di tiket. Bolak balik cek akun Immi saya berharap ada kabar, sampai sempat upload dokumen tambahan karna takut kurang meyakinkan. Saya menunggu kurang lebih dari 2 bulan sampai akhirnya visa saya keluar. Bayangin saya apply di tgl 15 Mei 2022, dan visa nya baru saya dapatkan tanggal 8 Juli 2022. Segitu lamanya menunggu dalam doa dan harap serta cemas. Alhmdulillah visa Australia saya dan mama granted, dan senangnya lagi dapat mutiple entry selama 3 tahun ke depan. Jadi saya bisa bolak balik Australia tanpa pusing mikirin visa sampai 3 tahun ke depan he..he..

Alhamdulillah visa Australia saya granted guys, senang sekali rasanya.

Begitulan sedikit cerita pengalaman saya tentang proses mendapatkan visa Australia. Semoga tulisan ini menghibur dan menambah info bagi teman-teman yang kau traveling ke Australia juga. Next saya bakal share tentang contoh itinerary yang bisa teman-teman pakai jika ingin berkunjung ke Melbourne Australia. Semoga bermanfaat..😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Wisata Negara Balkan Seindah Itu.

  Kotor Bay - Montenegro. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya baru saja kembali dari trip beberapa negara di Eropa. Pada trip kali i...