Kamis, 21 Maret 2024

Day 5 UK Trip 2023 - Edinburgh.

Edinburgh.

I'm back.. Maaf ya, kemaren agak lama jeda nulis blognya dikarenakan habis dari UK langsung ke Aussie dan ke Eropa juga. Jadi fokusnya jalanin trip-trip itu dulu. Kita lanjutin cerita UK Trip kemaren ya, hari ke 5 di UK kita tiba di Edinbrugh. Setelah 1 malam di bus dari London. Asli diriku excited banget guys, karna jujur ke UK tujuan utama saya bukan London tapi Edinburgh nya. Kenapa gitu, karna penasaran banget ma kota ini. Dan dari foto-foto yang beredar kota ini cantik banget dari semua sudut.

I'm in love.

Edinburgh yg fotogenic.

Dan memang seperti itu adanya, cantik di semua sudut. Begitu tiba dan menginjakkan kaki di kota ini saya langsung jatuh cinta. Kota indah dengan layout menarik dan banyak bangunan tua berdesain klasik menghiasinya. Belum lagi kota ini tidak serame London, membuat saya makin betah ada di sini. Alhamdulillah happy sekali akhirnya bisa ke ibukota negara Scotland ini. Negara ke 34 yang saya kunjungi.

Kami turun di terminal bus Edinburgh, pagi itu gerimis menghiasi kedatangan kami di Edinburgh. Udara dingin menusuk tulang langsung menyambut. Walau begitu kita tetap jalan kaki menuju penginapan yang sudah kita pesan di Edinburgh Backpackers Hostel. Jarak dari terminal bus ke hostel tidak terlalu jauh cukup 10-15 menit berjalan kaki. Cuma yg bikin gempor dan effort adalah jalannya itu mesti naik ratusan anak tangga ha..ha.. Kita berdua bawa koper gede yg beratnya lebih dari 20kg. Asli bang tomi ampe ngos-ngosan bolak balik angkst koper di tangga ini. Untung pas diakhir ada mas-mas warga lokal yang bantuin angkat kopernya sampai atas he..he..

Terminal bus di Edinburgh.

Nyaman terminal bus nya.

Sampai hostel kita belum bisa check in. Karna check in time nya jam 3 siang. Tapi kita boleh titip koper dan nikmati fasilitas bersama hostelnya. karna kita nginep di hostel jadi kamar mandi dan dapurnya ada di luar. Sehingga bisa kita manfaatkan buat mandi dan bikin makanan untuk sarapan pagi itu. Wah senang banget akhirnya ngerasain suasana hostel di Eropa lagi. Berasa balik muda lagi rasanya ketika rame-rame bikin sarapan di dapur bareng para backpackers muda yg nginep di sini. Saling sapa, saling ngobrol basa basi dll. Pagi itu kita sarapan pake mie cup yang uda kita siapin dari Indo. Lanjut mandi, dandan yg cakep dan bersiap explore Edinburgh sampai siang he..he..

Belum mandi, masih ngantuk he..he..

Sarapan dulu yuk.

Perut kenyang, muka uda kinclong habis mandi kita pun semangat untuk strolling arround kota Edinburgh ini. Karna hostel kita letaknya tak jauh dari area Royal Mile yang terkenal itu, jadi cukup jalan kaki aja buat nikmati area old town Edinburgh yang cantik ini. Kami jalan menyusuri Cockburn St lurus ke arah Scott Monument. Lalu menyusuri East Princes Street Gardens. Tapi sayang area cantik di Princes Street Gardens ini lagi ditutup karna renovasi. Lanjut lewati National Gallery of Scotland. Kita ga masuk museum ini karna mau lihat yang lain dulu.

Yuk kita keliling Edinburgh.

Semangat.

OMG mau difoto gimana pun ini kota cantik guys.

Scott Monument.

Makasih suamiku uda temenin jalan-jalan sampai sini.

Dari Museum on the Mound, kita terus ke The Writer's Museum. Asli bangunan museum ini keren banget. Trus pas kita ke sini, lagi ada kelompok walking tour yang dapat penjelasan tentang sejarah buku Harry Potter (HP). Omg sebagai penggemar HP, saya langsung ikutan dengar penjelasan dari guide nya ini. Senang banget rasanya berada di kota dimana buku HP ditulis oleh JK Rowling. Ah makin jatuh cinta lagi ma Edinburgh jadinya.

Princes street garden.

Writer's Museum.

View kota Edinburgh dari writer's museum.

Kita lalu melanjutkan perjalanan ke Edinburgh Castle. Kita ga masuk ke dalam karna berbayar guys, jadi kita cuma foto-foto di sisi luarnya saja. Dan banyak juga yg kayak kita he..he.. Malah ketemu sama orang taiwan yang bisa bahasa Indo di sini. Dia malah nawarin diri buat bantuin kita foto berdua. Jadi si mas-mas taiwan ini pernah jadi pertukaran mahasiswa ke Jogja buat belajar jamu guys. Makanya bisa bahasa Indo. Wah senangnya ketemu travelers lain yang bisa bahasa Indo.

Difotoin travelers asal taiwan.

Edinburgh Castle.

Jalan menuju Edinburgh Castle.

Cakep ya.

Kalo capek ya duduk aja dulu nikmati suasana sekitar.

Dari Edinburgh Castle kita lanjut jalan kaki ke pemakaman umum yang ada di sini. Ngapain jauh-jauh ke Edinburgh tapi mainnya ke pemakaman ha..ha.. Sebagai fansnya HP saya mau lihat makamnya Voldemort atau Thomas Riddle yang jadi inspirasi nama-nama tokoh di buku HP. Jadi si JK Rowling penulis bukunya HP itu dapat inspirasi nama-nama tokoh di bukunya dari nama-nama orang di makam ini guys he..he.. Makanya saya bela-belain deh ngitarin makam buat nyari nama-nama tokoh itu.

Ketemu makam Voldemort.

Wisata + uji nyali he..he..

Tapi kuburan di Eropa keren-keren lho.

Ada taman bunganya juga.

Lanjut dari makan kita ke National Museum Of Scotland. Wah ini wajib banget kalian kunjungi kalo ke Scotland ya. Karna museum ini bagus dan gratis. Apalagi buat anak-anak juga seru banyak yang bisa dilihat dan jadi nambah pengetahuan. Museumnya ga segede museum-museum di London, tapi cukup oke isinya. Terdiri dari beberapa lantai dan beberapa area. Banyak bagian menarik seperti museum tentang hewan dan industri fashion. Saya suka di area fashion karna memperlihatkan perkembangan dunia fashion dari jaman dulu hingga sekarang.

Greyfriars Bobby.

National Museum of Scotland.

Anak-anak pasti senang dibawa ke sini.

Ini area museum yg saya suka tentang fashion.

Alas kaki jaman now.

Bagian dalam museum dari lantai atas.

Cukup lama kita di museum ini. Tanpa terasa uda jam 3 siang aja. Jadinya kita putuskan untuk balik ke hostel buat istirahat. Sesampainya di hostel kita baru tau kalo gedung kamar kita berbeda dengan gedung utama hostel ini. Cuma jaraknya masib dekat aja terpisah beberapa gedung saja. Karna kita menginap di kamar private nya jadi gedungnya dipisah dengan yg menginap di dorm. Kamar kita seru karna berada di attic room gedung lama area ini, cuma PR nya mesti naik tangga ke lantai 3 denga kondisi tanggal melingkar sempit khas bangunan tua Eropa ha..ha.. Tapi gpp deh namanya juga nginep di hostel dengan biaya murah tapi lokasi strategis. Yang paling kita suka tu di sini dapurnya luas, bersih dan modern. Alat-alat yang disediakan untuk masak dan makan juga lengkap. Alhasil selama nginep di sini kita rajin banget masak buat makan pagi, siang dan malam.

Kamar kita di attic atau kamar loteng he..he..

Nyaman dan seru berasa beda tidur di sini.

Dapur nya.

Alat masak dan alat makannya lengkap.

Siang itu setelah check in dan masuk kamar. Kita berdua tidur nyenyak guys. Bangun-bangun uda menjelang magrib aja. Sempatin jalan-jalan sebentar ke area Royal Miles dan mengintip satu tempat lokasi syuting film HP yang ada di sini yaitu Advocates Close nama tempatnya. Buat teman-teman yang suka sama buku dan film HP pasti atau ini lokasi syuting paa adegan di film HP keberapa dan adegan nya kayak apa. Intinya saya senang sekali dan menikmati Edinburgh ini. Kota indah yang langsung membuat saya jatuh cinta. Next saya bakal cerita tentang hari kedua di Edinburgh atau hari ke 6 UK Trip ini ya. Terus ikuti perjalanannya dan buat teman-teman yang mau info lebih lanjut bisa follow IG saya @chi2min. Salam kenal dan ssmoga tulisan ini bermanfaat..🤗

Royal Mile.

Seger habis bobo siang di kamar he..he..

JJS di Edinburgh.

Ada yang tau ga ini lokasi pas scene apa di Film Harry Potter.

Jangan lupa selalu pakai modem Javamifi saat travelling kemana pun.