Kamis, 05 Januari 2023

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Memilih Travelling Bersama Travel Agen/Group Tour.

Louvre Paris.

Ada banyak alasan mengapa seseorang akhirnya memilih berangkat menggunakan jasa travel agen/group tour saat travelling ke luar negeri dibanding jalan sendiri. Bisa jadi karna alasan waktu/cuti yang terbatas, ada juga karna tidak mau ribet mikirin buat itinerary sendiri, ada juga karna melihat paket trip yang ditawarkan cukup menarik dengan harga yang relatif murah. Semua alasannya tentu sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan masing-masing.

Saya sendiri untuk pertama kalinya mendaftar ikut group tour pada awal tahun 2022 lalu untuk travelling ke Eropa akhir November 2022, itupun karna masih pandemi dengan aturan karantina yang masih ada, dan saya pergi membawa mama tanpa suami ataupun saudara laki-laki yang menemani, jadi saya pikir lebih baik saya travelling saat itu dengan group tour, lebih memudahkan dan punya harapan lebih nyaman untuk mama. Bayangkan prosesnya cukup lama dan panjang, daftar tripnya diawal tahun, untuk ikut trip di akhir tahun.

Grindelwald Swiss.

Karena itu kita mesti berhati-hati juga dalam memilih travel agen atau group tour yang akan kita ikuti ini guys. Karna tidak sedikit orang yang akhirnya salah pilih travel agen dan tertipu puluhan sampai ratusan juta karna tidak jadi berangkat travelling. Lalu apa saja sih yang saya lakukan dalam memilih travel agen dan menjelang berangkat ke Eropa dengan group tour yang saya pilih?? Berikut tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak ditipu/dikelabui oleh pihak travel agen nya :

• Pertama lihat paket tour yang ditawarkan apakah sesuai dengan yang kita inginkan, lalu cari tau dulu travel agen yang akan kita ikuti ini bagaimana reviewnya. Jangan cuma tergoda dengan iklan mereka di media sosial yang tampak keren dan menarik. Baca review orang-orang yang sudah pernah ikut menggunakan jasa group tour mereka? Apakah reviewnya bagus atau tidak. 

Bersama teman-teman yang ikut group tour.

• Lalu cek, berapa persentase keberhasilan travel agen ini dalam membantu pengurusan visa anggota yang ikut dalam group tour mereka? Ini sangat penting karna banyak terjadi orang-orang tidak jadi berangkat ke Eropa (negara-negara yang sulit pengurusan visanya), disebabkan visa mereka tidak di-approve oleh pihak kedutaan.

• Lalu sebelum memutuskan mendaftar suatu group tour, lebih baik baca semua itinerary yang dijanjikan, syarat dan ketentuan serta sistem pembayarannya. Sebaiknya di screen shoot semua untuk pegangan kita ke depan, apalagi yang sistem pembayaran dengan cicilan. Karna bisa saja nanti mereka dengan seenaknya merubah harga di tengah pembayaran cicilan tour sehingga tanpa kita sadari harga tour yang ditawarkan diawal ternyata tipu-tipu semata. Jadi dengan adanya bukti screen shoot yang sudah kita miliki bisa menjadi bahan kita untuk mengkritisi travel agen yang berniat menaikan harga disaat pembayaran ini. Ingat hal ini sering banget terjadi, termasuk di travel agen yang saya ikuti kemaren, untungnya saya punya bukti semua screen shoot harga di awal, jadi mereka tidak bisa mempermainkan dan menaikkan harga seenaknya. Begitu pula dengan itinerary yang sudah kita screen shoot diawal bisa menjadi pegangan kita, jika ternyata dalam perjalanan trip, itinerary tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

• Jangan lupa baca juga detail terkait ketentuan refund jika kita tidak jadi berangkat atau gagal berangkat karna satu dan lain hal. Baca dengan teliti sistem refundnya seperti apa. Dan baca juga apa saja yang sudah include dalam biaya tour dan apa saja yang belum include dalam biaya tournya. Agar kita tidak terkaget-kaget jika tiba-tiba mereka minta uang visa 2.5jt plus uang asuransi 850ribu, sama uang tips TL dan drivernya sekitar 1 jt. Itu biasanya diluar harga/biaya tour yang mereka tampilkan diawal atau iklannya. Makanya dibaca dengan benar ya teman-teman semua. Kalau urus visa sendiri atau uda punya visa sebelumnya, ya bagus banget kita tidak perlu bayar visa dan asuransi ke pihak travel agennya.

Arc de triomphe Paris.

• Pilih travel agen / group tour yang tidak menghalangi kita untuk bisa mengurus pembuatan visa sendiri. Dari awal coba tanyakan hal ini sebelum mendaftar ikut tour mereka, jika mereka mau membantu memberikan data tiket, hotel dan itinerary sebagai syarat pembuatan visa mandiri berarti travel agen ini bisa dipercaya. Karna kebanyakan travel agen akan mengurus visa kita itu sudah mepet waktu berangkat, jadinya jika visa kita tidak diapprove oleh kedutaan, uang tour yang sudah cukup banyak kita bayarkan tidak akan dikembalikan oleh pihak travelnya (biasanya kalau pun dikembalikan hanya beberapa persen saja). Sehingga cukup merugikan bagi kita sebenarnya. Jadi kalau bisa urus visa sendiri lebih baik, karna bisa kita urus jauh-jauh hari misal 3 bulan sebelum berangkat. Kemungkinan untuk diapprovenya juga cukup besar, karna punya waktu tunggu cukup lama. Saya sendiri kemaren, walau pergi dengan travel agen/group tour, tetap mengurus pembuatan visa Eropa nya sendiri, dikarenakan saya berangkat ke New York bulan Oktober jadi tidak bisa ikut pembuatan visa bareng group tournya. Untungnya pihak travel agen yang saya ikuti membantu sekali terkait pembuatan visa mandiri ini.

• Minta kontak person atau nomor wa admin travel agennya yang bisa kita hubungi jika ada pertanyaan terkait trip yang kita akan ikuti. Usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan pihak travel agennya tentang hal yang patut kita ketahui. Biasanya mereka akan memberikan no wa adminnya agar memudahkan kita berkomunikasi terkait trip yang kita ikuti. Usahakan jangan cuma punya satu nomor kontak adminnya, lebih baik jika punya beberapa nomor kontak admin yang bisa dihubungi, buat jaga-jaga jika admin yang kita hubungi tidak membalas. Pengalaman saya pribadi, ada admin yang membalas pertanyaan kita di wa lama banget, malah kadang baru keesokkan harinya dibalas, jadi kadang bikin jengkel. Jadi punya beberapa no kontak sangat membantu, bisa bertanya ke admin yang lain yang lebih responsif.

Luxembourg.

• Saat membayar biaya atau cicilan tour pastikan no rekening penerima adalah no rekening perusahaan atau bisa juga berupa virtual account dari perusahaan travel agen tersebut. Guna meghindari kita dari penipuan. Travel agen atau group tour yang bonafit pasti akan membuat no rekening khusus untuk usaha travel agennya.

Nah kira-kira hal-hal diatas yang menurut saya perlu kita perhatikan jika ingin travelling dengan ikut group tour/travel agen ya guys. Sesuai pengalaman saya dan cerita pengalaman orang lain memang gampang-gampang susah mendapatkan travel agen yang pas, terpercaya dan baik pelayanannya. Pasti ada satu atau dua hal yang bikin kita kurang sreg. Tapi selama mereka mau berkomunikasi, mendengar permintaan atau keluhan kita, serta membantu, saya rasa itu sudah bisa dijadikan acuan kalau travel agen yang kita pilih bisa dipercaya atau tidak. 

Seine river cruise Paris.

Percayalah teman-teman semua, jangan sampai niat kita untuk travelling atau healing menjadi drama berkepanjangan karna mendapat travel agen yang tidak amanah. Berangkat dengan travel agen yang amanah dan group tour yang menyenangkan pasti bakal membuat perjalanan kita makin berkesan. Apalagi buat orang-orang yang sudah terbiasa travelling mandiri seperti diriku, pasti bakal banyak membandingkannya he..he.. Nah semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semua ya. Next kita bakal bahas gimana pengalamanku selama ikut group tour ke Eropa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Wisata Negara Balkan Seindah Itu.

  Kotor Bay - Montenegro. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya baru saja kembali dari trip beberapa negara di Eropa. Pada trip kali i...